EQUITYWORLD FUTURES – Blog bernama http://misterkacang.blogspot.sg jadi sorotan warga dunia maya. Selain isinya yang kocak, spontan atas cerita sehari-hari, identitas sang pemilik blog yang dikait-kaitkan dengan orang nomor satu di negeri ini membuat orang kian penasaran.

Blog yang dibuat sejak September 2011 itu disebut-sebut milik putra bungsu Presiden Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep. Meski dia belum terang-terangan mengakui hal itu, namun sejumlah fakta pada blog menunjukan ke arah sana.

Pertama, di dalam blog bernama ‘diary anak kampung’ itu terdapat tautan akun Twitter si bungsu, yakni @kaesangp. Selain itu, terdapat foto Kaesang sesaat sebelum pergi menghadiri pelantikan ayahnya, Joko Widodo. Foto yang sama diunggah juga di akun Twitter dia.

Sehari sebelum pelantikan, yakni 19 Oktober 2014, Kompas.com berkesempatan bertanya langsung kepada Kaesang di sela wawancara dengan sang ibunda, Iriana Widodo. Awalnya dia malu-malu mengungkapkan bahwa dia sang empunya blog.

“Ada deh,” ujar dia seraya tertawa.

Petunjuk pemilik blog itu adalah Kaesang kian kuat saat menanyakan perihal mengapa blog tersebut sempat tak dapat diakses oleh publik.

“Sibuk, ujian soalnya,” ujar dia.

Meski belakangan, Kaesang yang kini berusia 20 tahun itu membuatnya terbuka lagi untuk publik. Situs blog Kaesang kembali dapat diakses pada Rabu (22/10/2014). Kaesang memuat tulisan terbarunya berjudul “Tanggal 20 Oktober 2014.”

Kaesang terlihat cukup konsisten dalam menulis di blog-nya. Terlebih di waktu-waktu awal blog tersebut dibuat. Terbukti dari arsip blog-nya yang rata-rata dua bulan sekali ia mem-posting tulisan baru.

Jumlah postingannya sempat turun pada tahun 2013. Hal itu diakui oleh Kaesang sendiri dalam halaman Bio akun Blogspot-nya. Di situ, ia menulis alasannya adalah jumlah pengunjung yang sepi. Tulisan-tulisan Kaesang banyak bercerita tentang kehidupan sehari-harinya selama hidup menuntut ilmu di Singapura, serta kegalauannya karena hidup men-jomblo (tidak punya pacar), serta celotehan-celotehan ala anak muda zaman sekarang yang akrab dengan budaya populer.