EQUITYWORLD FUTURES – Arus lalu lintas keluar Jakarta yang bikin macet tol Jakarta-Cikampek masih terjadi sampai hari libur kedua Lebaran, Kamis (7/7/2016). Prediksinya mulai akhir pekan ini giliran arus balik yang bakal bikin macet, maka itu pihak Jasa Marga sudah menyiapkan berbagai strategi agar kelancaran bisa terjaga.

EQUITYWORLD FUTURES : Florisco Siahaan Deputy General Manager Tol Collection Cabang Jakarta-Cikampek Jasa Marga, menyampaikan ada beberapa ide yang sudah disiapkan.

Ide-ide tersebut bakal digunakan situasional atau jika antrean kendaraan yang mengarah ke Jakarta di pintu gerbang tol Cikarang Utama terlampau panjang.

“Pada prinsipnya kami menyiapkan beberapa aktivitas, di antaranya kami akan menawarkan penukaran uang receh khusus untuk pemakai jalan yang dari tol Palimanan,” kata Florisco, saat ditemui di kantor Jasa Marga di gerbang tol Cikarang Utama, Kamis (7/7/2016).

Florisco juga menambahkan, sudah disiapkan petugas yang akan jalan kaki mendekat ke pengemudi dari pintu tol untuk melayani transaksi pembayaran sebelum sampai ke loket.

Jadi nantinya, pengemudi yang sudah membayar hanya tinggal menyerahkan kartu dan tanda bukti pembayaran kepada petugas pintu tol. Buat pengguna e-tol transaksi dilakukan seperti biasa.

Ada opsi juga mengarahkan kendaraan keluar di Cikarang Barat. Dari situ pengemudi putar balik dan kembali masuk ke tol. Alternatif lain, pintu Gerbang Tol Otomatis bisa digunakan buat loket pembayaran tunai.

“Kami punya tiga pintu di Cikarang Barat, jadi total ada 24 (pintu tol) di sini,” jelas Florisco.

Terakhir, bila semua itu belum bisa mengurai kemacetan, maka semua pintu tol akan dibuka. Artinya tanpa transaksi pembayaran atau alias gratis. – Equity world Futures