EQUITYWORLD FUTURES – Sepeda motor sport berkapasitas 250 cc merupakan idaman bagi sebagian biker muda di Indonesia yang mayoritas masih menggunakan skutik atau bebek entry level. Sosoknya yang sporty, tenaganya yang kuat, dan tongkrongannya yang kuat biasanya jadi daya tarik utama.

Di Indonesia, mayoritas merek-merek sepeda motor Jepang tengah membidik segmen sepeda motor sport 250 cc ini. Sebut saja, Kawasaki yang bisa dibilang sebagai penghuni pertama yang serius menggarap segmen ini, lewat Ninja 250R sejak 2008. Potensi pasar yang perlahan tapi pasti naik, membuat merek-merek lain mulai ikutan masuk. Honda resmi meluncurkan CBR250R di Indonesia mulai Februari 2011.

Terakhir, Yamaha menyusul ketertinggalannya lewat model terbarunya, R25 sejak Mei, 2014 lalu. Hebatnya lagi, Indonesia ditunjuk oleh prinsipal Yamaha Jepang menjadi basis produksi sepeda motor sport ini untuk kemudian diekspor ke seluruh dunia.

Kini, giliran satu merek lain yang sudah lama tidak terdengar tajinya di pasar otomotif Indonesia mulai bersuara. Lewat informasi terkini dari majalah lokal Jepang, Young machine, Suzuki disebut-sebut tengah menyiapkan produk baru, GSX-R250. Tak tanggung-tanggung, majalah hobi sepeda motor ini bahkan merekayasa sosok sepeda motor sport ini seperti apa. Hasilnya, sepasang tampang GSX-R250 bersanding dengan GSX-R1000R menghiasi halaman depan edisi terbaru majalah ini.

Sontak, hadirnya sosok ini langsung ramai jadi perbincangan biker atau pencinta sepeda motor. Kehadiran sosok GSX-R250 ini sebenarnya masuk akal, karena Suzuki selama ini hanya mengandalkan Inazuma atau GW 250 yang juga menggendong mesin berkapasitas 250 cc, tapi dari desain dan kategori berbeda, yakni sport touring, bukan sport fairing seperti model-model yang sudah dibeberkan sebelumnya.

Memang, informasi yang muncul di halaman depan Young Machine kerap kontroversial. Namun bocoran-bocoran yang disampaikan majalah ini biasanya benar. Bisa jadi, Suzuki memang menyiapkan pesaing Yamaha R25 atau Kawasaki Ninja 250 dengan line up ber-fairing.

Dalam foto di majalah, GSX-250R bersanding dengan GSX-R1000R, model flagship yang merupakan versi jalanan dari sepeda motor balap Suzuki. Tampangnya sangat mirip, yang membuat versi 250 cc bakal disebut sebagai ”Baby Gixxer 1000” .

Belum ada informasi yang jelas soal spesifikasi. Tapi jika Suzuki ingin bersaing, mesin 2 silinder seharusnya dipertahankan. Namun prediksi dari berbagai media yang membahas soal ini, mesin GSX-R250 kemungkinan pakai versi 1-silinder. Tokyo Motor Show yang digelar akhir Oktober 2015 sepertinya bisa jadi acara ideal untuk memperkenalkan kedua sepeda motor baru ini. Kita nantikan sama=sama!