EQUITYWORLD FUTURES – Banyak pengguna smartphone Android yang bolak-balik mengalami kegagalan saat memasang sebuah aplikasi dari Google Play lantaran menumpuknya aplikasi yang datanya memenuhi memori intenal. Nah, ada beberapa tips sederhana yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Pada dasarnya kita harus membuat ruang kosong pada memori internal agar bisa memberi tempat pada aplikasi baru. Untuk melakukannya, Anda tidak perlu buru-buru menghapus sebuah aplikasi dari smartphone, yang perlu Anda lakukan adalah menghapus data tambahan yang dibuat oleh aplikasi-aplikasi yang Anda sudah pasang sebelumnya.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu masuk menu pengaturan dan pilih opsi ‘Aplikasi’. Di dalam menu tersebut, sapu layar agar berada di kolom ‘Semua’ atau ‘All’. Kemudian Anda akan melihat deretan aplikasi beserta banyaknya data yang mereka ‘konsumsi’ tepat di bagian bawah nama aplikasi.

Di sini Anda perlu memperhatikan aplikasi-aplikasi yang memakan jumlah data sangat besar, misalnya Facebook atau Google Chrome. Keduanya biasanya menghabiskan banyak data setelah dipakai terus menerus. Kemudian ketuk aplikasi tersebut, dan lihat berapa banyak memori tambahan yang dihasilkan di bagian ‘Data’.

Jika data yang dihasilkan cukup banyak dan mencapai puluhan megabyte pilih opsi ‘Hapus Data’ atau ‘Clear Data’ untuk membuang seluruh data yang yang dihasilkan oleh aplikasi selama Anda pakai tanpa harus mencopot aplikasi tersebut.

Perlu diketahui bila menghapus data lewat cara ini akan membuat aplikasi tersebut nampak baru seperti dipasang. Misalnya, saat Anda menggunakan Facebook lagi, password yang sebelumnya Anda simpan akan hilang. Jika Anda tidak mau hal itu terjadi ada opsi kedua yakni ‘Hapus Cache’ untuk memberikan ruang tambahan lain tanpa menghapus data-data penting seperti password.

Kemudian lanjutkan dengan aplikasi-aplikasi lain yang banyak menghabiskan data tambahan di memori internal Anda. Sebaiknya Anda melakukan hal tersebut sampai ada sekitar 500 MB ruang bebas di memori penyimpanan internal agar bisa dengan mudah menginstal aplikasi baru. Mudah bukan? Selamat mencoba!