Intel luncurkan program penjualan robot ‘pribadi’ yang bisa membuat orang-orang lebih menikmati teknologi dengan cara yang lebih menyenangkan, walau agak sedikit ‘mahal’.

Intel rencananya akan segera memasarkan robot yang dapat dikustomisasi secara total di akhir tahun ini. Teknologi cetak 3D lah yang memungkinkan para penggunaannya untuk melakukan kustomisasi hingga bagian terkecil dari robot.

Kabarnya robot ini kan dijual ke konsumen dengan harga awal yang agak ‘mahal’ yakni USD 1600 (sekitar Rp 18 juta). Dengan menebus mahar tersebut, para pecinta robot sudah bisa mengakses desainhardware, bahkan merakit model lewat mesin cetak 3D secara online, Recode (28/5).

Robot yang bernama “Jimmy” ini juga akan dipasarkan dengan perangkat tambahan yang tidak dapat ‘dicetak’ berupa dinamo, ban, baterai, hingga prosesor.

Untuk versi Rp 18 juta akan dibekali dengan prosesor Intel Edison, sedangkan untuk versi penelitian dibanderol dengan harga 10 kali lipat atau Rp 180 juta dan akan memiliki otak Intel Core i5, Engadget (28/5).

Robot Jimmy ini juga akan bertitel open-source, sehingga setiap orang bisa dengan bebas mengkreasikan robot mereka sendiri tanpa takut kena ‘cekal’. Intel pun masih terus bekerja untuk membuat robot ini semakin murah, rencananya hingga berharga di bawah Rp 11 jutaan.

Apakah Anda sedang tertarik punya robot sendiri?