Apple dikabarkan segera melakukan peluncuran smartphone paling anyar milik mereka, iPhone 6 4,7 inci. Uniknya, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu diduga mempunyai strategi tersembunyi dibalik peluncuran ini.

Sejatinya terdapat dua buah varian iPhone 6 yang akan dilempar ke pasaran, yakni iPhone 6 4,7 inci dan 5,5 inci. Namun, akibat dari beberapa masalah hardware, iPhone 6 5,5 inci atau yang biasa disebut iPhablet diluncurkan secara terpisah tahun depan.

Menurut salah salah satu analis dari Cowen & Co, Timothy Arcuri, keterlambatan rilis iPhablet juga disebabkan oleh strategi baru Apple yang akan menambahkan komponen baru yang lebih cepat dari iPhone 6 4,7 inci. Salah satunya adalah prosesor dengan frekuensi clocking yang lebih cepat dari pada prosesor dual-core Apple A8 2 GHz milik iPhone 6, PhoneArena (04/08).

Apple pun pernah melakukan hal serupa ketika meluncurkan iPad Air yang merupakan versi ‘cepat’ dan lebar dari iPad Mini, meskipun memiliki prosesor yang sama.

Selain upgrade di sektor prosesor, kartu grafis atau GPU dan modul sentuh dari iPhablet diprediksi akan mendapat pengembangan. Oleh sebab itu, terdapat kemungkinan bila fungsi touchscreen iPhone 6 4,7 inci dan 5,5 inci akan mengalami perbedaan.

Untungnya, fakta dibalik rumor ini kan segera terungkap bulan depan ketika Apple memperkenalkan iPhone 6 varian 4,7 inci.