EQUITYWORLD FUTURES – Informasi mengenai iPhone 7 kembali muncul. Kali ini, ponsel andalan berikutnya dari Apple itu disebut bakal memakai chip bikinan Intel.

Komponen dari Intel ini bukan berupa System-on-Chip (SoC) seperti pada lini produk Atom, melainkan chip modem LTE.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (18/5/2016), sebanyak 50 persen chip LTE untuk iPhone bakal dipasok oleh Intel.

Tak jelas siapa yang bakal memasok 50 persen sisanya, tapi mungkin hal ini bakal ditangani oleh Qualcomm yang dulu menjadi pemasok eksklusif chip LTE untuk Apple selama 3 tahun.

Dengan kata lain, Intel mengambil sebagian jatah order Qualcomm dari Apple. Hal ini bersesuaian dengan laporan dari analis CLSA Securities, Srini Pajuri sebelumnya, yang menyebut bahwa Intel telah mendapatkan “porsi signifikan” dari pesanan chip LTE.

Intel kabarnya mengerahkan lebih dari 1.000 pegawai untuk menyiapkan chip modem 7360 LTE yang bakal dipakai di iPhone 7.

Secara teoritis, chip modem ini sanggup menghasilkan kecepatan downlink hingga 450 Mbps, uplink 100 Mbps, serta mendukung LTE kategori 10 dan 29 band LTE.

Sebagai perbandingan, modem LTE yang tertanam di iPhone 6S saat ini memiliki kecepatan maksimal 300 Mbps, dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone 6 sebelumnya.