EQUITYWORLD FUTURES – Mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengingatkan para entrepreneur muda untuk tak terhanyut dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia. Pasalnya, hal itu justru akan membuat orang Indonesia malas bekerja keras.

“Jangan kita dininabobokan dengan kekayaan alam Indonesia ini, harus kerja keras,” ujar Sofjan dalam acara Entrepreneur, Jump Starting Risk Taker Education yang diadakan Canisius Alumni Day 2015 di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Dia mengatakan, kekayaan alam Indonesia tak hanya diakui orang Indonesia saja melainkan masyarakat dunia. Namun ironisnya kata dia, untuk bangun infrastruktur saja Indonesia harus melakukan utang luar negeri terus.

Dalam acara itu beberapa kali Sofjan bilang bahwa kekayaan Indonesia harus dijaga oleh generasi selanjutnya dan jangan sampai dikuasai oleh asing.

Baginya yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam bisnis di Indonesia, semangat kerja keras memperbaiki ekonomi Indonesia adalah suatu kemutlakan. “Untuk Indonesia yang lebih baik, tak ada jalan lain, kerja keras dan kerja bersama-sama,” kata dia.

Sofjan meminta generasi muda untuk melihat bagaimana masyarakat Jepang bertransformasi menjadi masyarakat yang etos kerjanya sangat baik. Hal itu kata dia diakibatkan karena masyarakat Jepang hidup dalam kondisi alam yang rawan gempa dan tsunami.

Di akhir acara dia berpesan kepada para generasi muda terutama entrepreneur muda untuk tak mudah frustasi menjalani bisnis. Pasalnya kaya dia, jatuh bangun dalam bisnis merupakan yang yang biasa, tapi seberapa sering kita coba bangkit dari jatuh tersebut maka itulah arti entrepreneur yang sesungguhnya.