Di awal Juli lalu, PT XL Axiata menyatakan bahwa mereka siap dan telah mengantisipasi lonjakan trafik saat Ramadan atau ketika Lebaran 2014 ini.

Ternyata tidak hanya XL saja yang melakukan antisipasi tersebut, PT Telkomsel khususnya Cabang Ambon juga bergerak cepat dengan mengoptimalkan jaringan telekomunikasi mereka di daerah Maluku.

“Jelang Hari Raya Idul Fitri kami telah mempersiapkan kualitas jaringan di seluruh wilayah Maluku agar pelanggan tetap nyaman dan lancar menggunakan layanan Telkomsel,” kata Manajer Telkomsel Ambon, Joseph Dangeubun, seperti dikutip dari Antara, Selasa (15/07).

Ia mengatakan, menjaga kapasitas jaringan pihaknya rutin melakukan pantauan di Base Transceiver Station (BTS) maupun BTS perintis.

“Tim teknis intensif memantau kapasitas dan kualitas jaringan. Pemantauan kapasitas jaringan di sejumlah kabupaten yakni Buru dan seram agar layanan tetap terjaga di segala cuaca,” katanya.

Joseph mengatakan pihaknya berupaya melakukan peningkatan pelayanan melalui optimalisasi jaringan suara, pesan singkat (short message service) maupun layanan data.

“SMS dan telepon dan penggunaan broadband merupakan media penting berkomunikasi bagi masyarakat sehingga pelayanan ini harus terus dioptimalisasi agar tidak terjadi keluhan dari masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya di 2014 akan melakukan penambahan sebanyak 304 unit Based Transmision Service (BTS). Pemasangan BTS dilakukan dengan perbandingan presentase 60 : 40 yakni 60 persen untuk BTS 2G dan 40 persen 3G.

“Khusus untuk wilayah Kota Ambon, akan dilakukan improvisasi perbaikan layanan jaringan secara maksimal di 106 BTS,” katanya.

Hingga triwulan II 2014, katanya pembangunan mencapai 70 persen yakni dari 106 BTS tersebut, 70 di antaranya sudah dikerjakan untuk 59 BTS 2G dan 11 BTS 3G.

“Sedangkan sisanya akan dibangun pada dua triwulan terakhir. Pekan ini kita telah melakukan try test di dalam pusat Kota Ambon.