EQUITYWORLD FUTURES – Pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi dijadwalkan mengikuti seleksi tahapan selanjutnya, yakni wawancara calon pimpinan KPK hari ini, Selasa (25/8/2015). Johan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dihadapinya menghadapi wawancara dengan panitia seleksi.

Diikutin saja, mengalir saja. Bisa jawab apa enggak, lihat saja nanti,” ujar Johan saat dihubungi, Selasa pagi.

Johan mengatakan, malam sebelum wawancara ia sengaja pulang lebih cepat dari kantornya. Menurut dia, tidur yang cukup salah satu persiapannya menghadapi hari ini. Sejak jauh hari, Johan mengaku telah siap menghadapi tahapan demi tahapan seleksi.

“Ketika saya memutuskan mendaftar, saya siap menghadapi tahapan seleksi ini,” kata Johan.

Kemarin, Johan telah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Ia mengaku belum sempat menonton jalannya wawancara yang disiarkan terbuka di hari sebelumnya secara utuh karena harus menjalani tes tersebut. Mengenai hasil wawancaranya nanti, Johan menyerahkannya kepada Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK.

Pansel KPK hari ini akan melanjutkan melaksanakan proses wawancara tahap akhir kepada calon pimpinan KPK. Wawancara akan dimulai pukul 08.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Dari tujuh calon yang dijadwalkan mengikuti wawancara hari ini, di antaranya adalah pimpinan sementara KPK Johan Budi SP, Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, dan Ketua DKPP Jimly Asshidique. Nama lainnya adalah mantan Aspam KSAD Hendardji Supandji, Rektor Universitas Hasanuddin Laode Muhammad Syarif, Ketua Komite Audit UGM dan Direktur Program Studi Magister Akuntansi FEB UGM Mohammad Gudono, dan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono. Masing-masing calon akan diwawancarai oleh pansel selama satu jam. Pertanyaan yang muncul meliputi wawasan hukum, klarifikasi aduan masyarakat dan visi yang diusung setiap calon.