EQUITYWORLD FUTURES – Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Presiden Joko Widodo harus menjadi pemimpin yang tegas dalam mengatur koordinasi kinerja antarlembaga dan kementerian. Jokowi harus dapat menjabarkan tugas dan fungsi lembaga dan kementerian secara detail untuk menghindari tumpang tindih tugas.

“Saya kira (peran) dirigennya itu kan ada di Presiden sehingga harus mengoordinasi dan mengomunikasikan agar outline-nya jelas. Kalau tidak jelas dari awal, ya memang pasti akan tumpang tindih,” kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jumat (14/8/2015).

Presiden Jokowi sebelumnya mengingatkan agar kementerian dan lembaga dapat menjaga soliditasnya. Hal itu diungkapkan Jokowi saat sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jumat pagi.

Muzani mengatakan, miskomunikasi yang sering terjadi antar-lembaga negara disebabkan oleh adanya pemahaman yang berbeda dalam menerjemahkan keinginan Presiden. Untuk itu, Presiden harus turun tangan langsung mengatasi persoalan ini dengan memberikan instruksi yang jelas kepada setiap lembaga negara.

“Sebenarnya, semua bisa diselesaikan dan akhirnya selesai dengan adanya komunikasi dan koordinasi. Akhirnya kan perlu ada orang yang disegani untuk menyelesaikan itu,” ujarnya.

Lebih jauh, Muzani mengapresiasi keinginan Jokowi yang ingin agar soliditas lembaga negara meningkat. Menurut dia, keinginan tersebut harus segera diimplementasikan.