Presiden terpilih, Joko Widodo bersama Kepala Japan Indonesia Association, Yasuo Fukuda melakukan pemantauan kemajuan pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) di area Bundaran Hotel Indonesia sekitar pukul 08.00 WIB.

Di sela-sela kunjungan lapangan, pria yang akrab disapa Jokowi tersebut menuturkan rencana mempererat kerja sama dengan Jepang di bidang ekonomi utamanya dari sisi investasi.

“Hubungan ekonomi kita perkuat lagi agar investasi semakin besar terutama dari Jepang,” kata Jokowi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/9).

Jokowi menyebut sektor yang paling dibidik Jepang adalah infrastruktur. “Mau kita perkuat untuk industri, infrastruktur laut, Kereta Api dan energi,” imbuh Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini melihat kedatangan mantan Perdana Menteri Jepang ke Indonesia cukup penting bagi masa depan kerja sama kedua negara.

“Pertemuan tadi sangat fundamental untuk kita meneruskan hubungan baik dengan Jepang,” ucap Jokowi.

Kepala Japan Indonesia Association, Yasuo Fukuda menambahkan, pihaknya akan mengundang Jokowi untuk melakukan peninjauan infrastruktur di Jepang, utamanya infrastruktur transportasi seperti MRT yang sudah berjalan di negeri sakura tersebut.

“Tadi saya sampaikan saya mengundang Jokowi ke Jepang untuk meninjau lokasi di Jepang secara langsung. Undangan yakin akan ke Jepang,” tuturnya.