EQUITYWORLD FUTURES – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (21) tidak merasakan ada sesuatu yang berbeda dari sosok ayahnya setelah menjadi presiden.

Sebagai seorang bapak, kata Kaesang, Jokowi tetap tegas. Namun, Jokowi juga dikenal sabar dan suka melucu. Seperti apa guyonan yang suka dilontarkan Jokowi kepada anak-anaknya?

“Prinsipnya bapak itu tegas juga, tapi bapak orangnya juga lucu, sukanya ajak guyon. Padahal enggak lucu sama sekali,” ujar Kaesang ceplas-ceplos saat hadir dalam acara Mata Najwa di Metro TV yang tayang pada Rabu (24/2/2016).

Keluarga Jokowi terbilang unik. Tak seperti kebanyakan anak-anak pejabat lainnya, dua putra dan satu putri dari Jokowi-Iriana terbilang jauh dari sorot kamera.

Gibran Rakabuming Raka (28), si putra sulung lebih memilih berbisnis mandiri, daripada harus memanfaatkan posisi ayahnya. Gibran mendirikan usaha catering dan juga berjualan martabak “Markobar”.

Kahiyang Ayu (24), putri satu-satunya juga tak mau memanfaatkan posisi sang ayah yang menjadi orang nomor satu di Indonesia. Usai lulus kuliah, Kahiyang menjalani ujian pegawai negeri sipil meski akhirnya gagal.

Kaesang Pangarep (21), si bungsu yang kerap diperbincangan di jagat dunia Twitter. Cuitan usilnya bahkan sama sekali jauh dari kesan “jaim” seperti yang dibayangkan dari seorang anak presiden.

Menurut Kaesang, meski kini Jokowi harus menjadi presiden, tak ada yang berubah dari keluarganya. Yang berbeda hanya sebatas pengamanan dari paspamres.

Setiap Jokowi berkumpul bersama anak-anaknya, tak pernah ada pembahasan politik.

Kata Kaesang, bapaknya lebih suka bercanda dan nonton film di bioskop jika sedang tidak sibuk.

Candaan Jokowi yang disebutnya “tidak lucu” itu tetap saja mengundang tawa di keluarga ini.

“Karena kasihan bapak capek, bapak ngelucu nggak ada yang ketawa. Jadi terpaksa juga,” ungkap Kaesang yang kembali mengundang tawa penonton.

Tak hanya suka melucu, Jokowi juga suka usil terhadap anak-anaknya. Kaesang bercerita saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, keluarga mereka tinggal di rumah dinas yang sudah cukup tua.

“Waktu itu saya lagi masak mie, tiba-tiba bapak keluarin suara aneh gitu untuk nakutin saya, dia juga goyang-goyangin foto. Karena rumahnya juga begitu, ya saya kabur ke kamar, tahunya itu bapak,” cerita Kaesang.

Beda lagi cerita Gibran yang mengaku “dikerjai” Jokowi di hari lamarannya. Ketika itu, bapaknya lebih memilih melamar Selvi Ananda yang rumahnya berjarak sekitar 3 kilometer