EQUITYWORLD FUTURES – Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan segera memasuki usianya ke-495 pada 15 Maret 2016 mendatang.

Sebagai rangkaian acara peringatan hari jadi daerah itu, Bupati Semarang Mundjirin dan Wakil Bupati Ngesti Nugraha didampingi sejumlah kiai melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran I di Kota Semarang dan makam Ki Ageng Pandanaran II di Kabupaten Klaten sepanjang Kamis (10/3/2016) kemarin.

Di Makam Ki Ageng Pandanaran I yang terletak di Bukit Bergota Jalan Mugas Dalam II, Kelurahan Mugassari, Kota Semarang, rombongan bupati diterima oleh juru kunci makam H Agus Krisdiono.

Sebelum memasuki bangunan cungkup makam Ki Ageng Pandanaran I, Mundjirin menyempatkan diri melakukan shalat sunnah di masjid yang terletak di kompleks makam.

“Di dalam ruangan ini terdapat tiga makam, yakni makam Ki Ageng Pandanaran I yang diapit makam ayahandanya yakni Syeh Maulana Ibnu Abdussalam dan Nyi Ageng Pandanaran I,” jelas Agus Krisdiono.

Ki Ageng Pandanaran I, lanjutnya, merupakan ayahanda dari Ki Ageng Pandanaran II yang merupakan bupati Semarang pertama.

Menurut Agus, tradisi ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran I yang dilakukan rutin setiap tahun ini adalah laku sejarah yang patut dilestarikan sebagai upaya mengingat jasa-jasa para leluhur dan menghargai sejarah masa lalu.

Dalam rangkaian ziarah itu, dilakukan pembacaan tahlil dan doa secara bergiliran oleh para kiai. Setelah itu, dilakukan tabur bunga oleh bupati Semarang, Wakil Bupati Ngesti Nugraha diikuti para istri masing-masing.

Setelah selesai melaksanakan ziarah di makam Ki Ageng Pandanaran I di Semarang, rombongan bupati bertolak ke Kabupaten Klaten untuk berziarah ke makam Sunan Tembayat atau Ki Ageng Pandanaran II.

Makam Ki Ageng Pandanaran II merupakan Bupati Semarang pertama ini letaknya berada di sebuah bukit yang dikenal sebagai Gunung Jabalkat, Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Di Klaten, rombongan Bupati Semarang diterima secara resmi oleh Pemkab Klaten yang diwakili oleh Camat Bayat Edy Purnomo dan Muspika Bayat, dalam sebuah jamuan ramah tamah di pendopo kompleks Makam Sunan Pandanaran II, Kamis petang.

Turut serta dalam kegiatan ziarah tersebut para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) serta para Kiai sepuh Kabupaten Semarang diantaranya KH Nur Kholis, KH Fatkhurrohman Thohir, KH Ahmad Mudzakir Al Hafidz, KH Dahlan Al Hafidz, KH Hamdan Asnawi didampingi pengurus PCNU Kabupaten Semarang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Heru Subroto menjelaskan, ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran I dan Ki Ageng Pandanaran II ini merupakan kegiatan rutin setiap menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Semarang.

“Tujuannya adalah menghargai jasa para leluhur dan menjadikannya semangat untuk memajukan kesejahteraan Kabupaten Semarang,” kata Heru.