EQUITYWORLD FUTURES – Canon melalui distributornya di Indonesia, PT Datascrip meluncurkan lini kamera prosumer baru yang kali ini ditargetkan untuk kalangan premium, Powershot G3X.

G3X digadang-gadang oleh Canon sebagai kamera prosumer premium karena dilengkapi dengan kemampuan zoom optik hingga 25 kali, dengan fokal lensa 24 – 600 mm. Di antara kamera saku Canon seri G, jangkauan zoom ini memang yang paling jauh.

“Ini (G3X) baru satu-satunya kamera prosumer yang memiliki jangkauan zoom optik sejauh itu,” ujar Angelie Ivone, Marketing Manager Canon Division PT Datascrip dalam presentasinya di Jakarta, Selasa (15/9/2015).

“Selain itu, G3X juga dilengkapi dengan sensor berukuran besar, yaitu 1 inci,” imbuh Angel. Dalam hal resolusi, G3X mengemas sensor dengan resolusi 20,2 megapiksel.

G3X oleh Canon disebut sebagai kamera yang mampu menghasilkan foto setara DSLR namun dalam bodi yang kompak (kecil). Desain tombol-tombol dan antarmukanya didesain menyerupai kamera DSLR EOS Canon.

Layar LCD di bagian belakang dengan ukuran 3,2 inci juga bisa dilipat 180 derajat ke atas, atau 45 derajat ke bawah. “Kondisi pemotretan dengan angle yang sulit kini jadi lebih mudah,” terang Angel.

Fitur konektivitas juga menjadi andalan G3 X, terbukti dengan disertakannya fitur konektivitas Wi-Fi dan NFC dalam kamera. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengunggah hasil foto mereka ke layanan cloud Canon Image Gateway atau langsung ke media sosial.

Selain itu, terdapat juga aplikasi Canon Camera Connext untuk pengguna smartphone iOS dan Android, sehingga mereka bisa menjadikan smartphone sebagai remote shutter.

Keunggulan lain yang ditawarkan G3 X adalah fitur water resistant dan dust proof (tahan air dan debu), sehingga kamera ini cocok bagi fotografer yang suka traveling dan membutuhkan jangkauan zoom jauh.

Canon membanderol PowerShot G3 X di Indonesia dengan harag Rp 11,5 juta dan tersedia mulai bulan Oktober.

Berikut spesifikasi PowerShot G3 X:

Resolusi: 20,20 megapiksel
Ukuran sensor: 1 inci (13,2mm x 8,8mm)
Lensa: 24 – 600 mm (35 mm)
Zoom optik: 25x zoom
Jendela bidik: tidak ada
Layar: Layar sentuh LCD 3,2 inci 16,2 juta piksel, bisa dilipat.
ISO: 125 – 12.800
Shutter: 1/2000 – 30 detik
Diafragma maksimal: f/2,8
Dimensi/bobot: 123 x 77 x 105 mm/739 g (dengan baterai)