EQUITYWORLD FUTURES – Sebuah kapal bermuatan kontainer dilaporkan kandas saat melintas di perairan laut antara Pulau Bangka dan Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kapal Nica 1 yang berangkat dari Australia ini, dinakhodai Capt Lazovic Relja, warga negara Montenegro.

EQUITYWORLD FUTURES : “Kapal mengalami musibah kandas di kawasan karang Belvedere 55 mil dari Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang,” kata Kasubsie Keselamatan dan Patroli, KSOP Syahbandar Pangkalbalam, Harlansyah kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2016).

Nica 1 yang mengangkut 1.141.400 MT kontainer, berangkat dari Esperance Australia dengan tujuan Port Klang, Malaysia. Dugaan sementara, kapal terjebak karang karena faktor human error.

Menurut dia, Kepala Kantor KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Basarnas untuk upaya penyelamatan.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari informasi telegram dari International Maritime Organizationpada Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut yang langsung menghubungi pos penjagaan pelabuhan terdekat untuk quick response menggunakan kapal patroli KPLP KN.P 486.

“KN Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut  Tanjung Priok telah berada di lokasi untuk pengamanan dan pengawasan. Komunikasi dengan awak kapal menggunakan email dan telepon satelit,” jelas Harlansyah. Menurut dia, Kepala Kantor KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Basarnas untuk upaya penyelamatan.

Hingga berita ini diturunkan, kapal belum bisa dievakuasi karena belum adanya izin bongkar muatan. – Equity world Futures