Aparat kepolisian Polres Buton, Sulawesi Tenggara bersama warga mengevakuasi 197 penumpang kapal KM Uki Raya yang tenggelam di perairan laut Buton, sekitar Wabula, Desa Wasampela, Selasa (5/8).

Kapolres Buton AKBP Fachrurozzi melalui telepon dari Buton, Selasa mengatakan kapal yang mengalami kecelakaan laut di perairan laut Buton tersebut berangkat dari Baubau tujuan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi.

“Jumlah penumpang yang terdaftar dalam manifes, hanya sebanyak 92 orang desa, sembilan anak-anak dan 11 Anak Buah Kapal (ABK), namun yang sudah berhasil dievakuasi sudah sebanyak 197 orang,” kata Fachrurozi.

Menurut dia, dari jumlah penumpang yang sudah dievakuasi tersebut, dua orang korban dinyatakan meninggal, yakni Wa Halifa (3) dan Wa Hujuni (32).

“Dua korban meninggal termasuk penumpang selamat sudah diambil keluarganya dan dibawa pulang ke Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi dengan KM Uki Raya 3,” katanya.

Menurut Kapolres, KM Ukiraya 1 berangkat dari Baubau sekitar pukul 22.00 wita, menuju Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi.

Namun setelah sekitar tiga jam berlayar, tepatnya di sekitar laut Wabula terjadi cuaca buruk yang menyebabkan gelombang laut mencapai ketinggian 4 hingga 5 meter.

“Akibat gempuran ombak yang sangat keras yang menyebabkan air laut akhirnya masuk ke dalam kapal, kapal akhirnya tenggelam,” katanya.

Sampai sejauh ini kata dia, jumlah penumpang kapal yang dinakhodai La Ode Abu Julu itu, baru sebanyak 197 yang ditemukan.

“Tim evakuasi masih terus melakukan pencarian, untuk kemungkinan masih ada penumpang yang belum ditemukan karena penumpang yang tidak terdaftar dalam manifes jumlah lebih banyak,