Dua narapidana, Ivan (Chico Jericho) dan Erik, kabur dari sebuah penjara beberapa minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri berlangsung. Karena terus dikejar para polisi, mereka pun terpaksa bersembunyi di sebuah pondok yang akhirnya mempertemukan mereka dengan kakak beradik Rian (Fatih Unru) dan Melati (Naomi Ivo).

Ivan menolong Melati yang kakinya terjepit ketika Melati dan Rian hendak memancing ikan. Dari situlah, Melati dan Rian sangat berterima kasih kepada Ivan dan Erik dan merasa senang karena mendapatkan teman baru.

Rian dan Melati pun mulai sering mengunjungi kedua teman baru mereka tersebut di pondok yang tanpa sepengetahuan mereka ternyata adalah penjahat. Akhirnya lama-kelamaan hubungan mereka pun menjadi dekat satu sama lain.

Rian mengajari Erik cara memancing dan Melati mengajak Ivan untuk menghafal ayat suci Al-Quran. Walaupun sudah terjalin hubungan di antara mereka, namun Erik tetap mencari cara untuk kabur dari daerah tersebut, sedangkan Ivan tidak mau pergi karena sudah merasa mempunyai ikatan batin dengan Melati dan Rian. Dan akhirnya terjadi pertengkaran antara Ivan dan Erik.

Pada puasa terakhir, Melati dan Rian datang membawa berbagai macam makanan berbuka puasa ke pondok. Erik yang awalnya menaruh curiga pada Melati dan Rian, merasa tersentuh dengan kebaikan hati kedua anak tersebut. Tetapi semuanya terlambat, ketika Andini, ibu Rian dan Melati mengetahui siapa Ivan dan Erik sebenarnya.

Film persembahan Alenia Pictures, SEPUTIH CINTA MELATI, bisa jadi satu-satunya film yang aman ditonton segala usia saat libur lebaran. Anda tak harus menjelaskan adegan di film ini karena semua adegan digarap Ari Sihasale sederhana dan dikemas dengan bahasa lugas yang mudah dipahami anak-anak. pemandangan yang indah, seperti film Alenia Pictures sebelumnya, teracik dengan apik sehingga bisa jadi tontonan yang sedap dan segar di mata.

Kekuatan cerita film ini adalah keserdehanaannya. Penggambaran kehidupan yang tak jauh dari dunia nyata akan membuat penonton mudah masuk ke dalam inti cerita film ini. Meskipun cerita diulang di beberapa adegan, peletakan humor membuat film ini berjalan mulus dan tidak membosankan.