EQUITYWORLD FUTURES – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tangerang Selatan akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 yang bertempat di Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong.

Alasan digelar PSU karena ada dua pemilih yang tidak ber-KTP Tangerang Selatan ikut mencoblos pada Rabu (9/12/2015).

“PSU dimulai besok pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB karena saat proses penulisan administrasi baru diketahui ada dua yang ber-KTP luar Tangsel,” kata Ketua KPUD Tangerang Selatan Muhamad Subhan kepada pewarta, Jumat (11/12/2015).

Laporan tentang adanya dua pemilih yang ber-KTP di luar Tangerang Selatan itu didapat dari petugas pengawas di lapangan.

Temuan tersebut diteruskan ke tingkat Panwaskada Tangerang Selatan dan kemudian dikeluarkan rekomendasi dari Panwaskada ke KPUD agar digelar PSU, Sabtu (12/12/2015).

Menurut Subhan, ada kemungkinan kelalaian dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS nomor 12.

Saat ini, KPUD akan fokus terlebih dahulu pada proses PSU esok hari. Setelah itu, KPUD bersama Panwaskada, akan menentukan sanksi apa yang diberikan bagi petugas KPPS yang lalai tersebut.

“Itu memang karena kelalaian petugas di TPS-nya, mungkin terselip saat pemilih ramai. Untuk teknis sanksinya bisa ditanyakan ke Panwas,” ujar Subhan.

PSU di TPS nomor 12 akan melibatkan sekitar 500 lebih pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Subhan berharap, dengan adanya PSU ini, partisipasi masyarakat untuk memilih tidak turun.

Kompas.com sudah mengkonfirmasi ke Ketua Panwaskada Tangerang Selatan Muhammad Taufiq MZ, namun belum ada respons