EQUITYWORLD FUTURES – Presiden Joko Widodo telah melantik 34 menteri sebagai pembantunya dalam menjalankan pemerintahan selama lima tahun mendatang. Sejak itu, mereka pun mendapat fasilitas dari negara untuk menggunakan mobil dinas, yakni Toyota Crown Royal Saloon.

Mobil dinas tersebut merupakan kendaraan yang pernah dipakai sejumlah menteri di era Kabinet Indonesia Bersatu II yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono. Banyak di antara mereka yang langsung menggunakannya sebagai tunggangannya selama menjalani tugas-tugasnya.

Meski begitu, tak semua menteri yang langsung menerima kendaraan-kendaraan dinas tersebut untuk dipakai. Banyak di antara mereka justru tetap menggunakan mobil pribadinya masing-masing saat bekerja.

Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya di merdeka.com:

1. Tjahjo naik Innova

 

Jokowi mengangkat Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sama seperti pejabat tingkat kementerian lainnya, Tjahjo juga memperoleh fasilitas negara berupa kendaraan dinas.

Namun, fasilitas itu tidak dipakainya, dia justru memilih menggunakan mobil pribadinya, yakni Toyota Innova berpelat B 1 TKL.

Kendaraan ini sempat dibawa saat Tjahjo bersama 33 menteri lainnya dilantik pada Senin (27/10) lalu. Bedanya, dia mengganti pelat nomor kendaraannya dengan nomor RI-20.

2. Gobel naik mobil kaisar Jepang

 

Hal yang sama juga dilakukan pengusaha Rachmat Gobel. Pria yang diangkat sebagai Menteri Perdagangan ini tetap menggunakan mobil mewah yang selama ini menemaninya.

Mantan bos Panasonic ini tetap membawa kendaraannya sendiri saat dilantik, yakni Toyota Century Royal. Produk tersebut merupakan satu-satunya yang dibuat Toyota yang khusus dipakai oleh Kaisar Jepang.

“Itu mobilnya Kaisar Jepang,” kata dia singkat.

3. Menteri Basuki naik Fortuner

 

Sama seperti rekannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono juga menolak menggunakan fasilitas mobil dinas yang diberikan negara. Dia tetap memilih mobil pribadinya sendiri.

Saat pelantikan lalu, Basuki memakai mobil dinas Toyota Fortuner. Saat itu, dia sempat mengganti pelat nomor kendaraannya RI-34.

4. Anies naik Innova hitam

 

Mantan rektor Paramadina, Anies Baswedan didapuk Jokowi sebagai salah satu menteri di kabinetnya. Anies diangkat menjadi Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Meski menjadi menteri, bukan berarti Anies menerima fasilitas dari negara. Dia memilih tetap menunggangi Innova hitam miliknya.

Saat pelantikan lalu, kendaraan itu tetap dibawanya ke dalam kompleks istana. Namun, pelat nomor kendaraannya sempat diganti menjadi RI-26.