Jika Anda adalah fans film Batman, pastinya sudah tak asing dengan mobil khas sang kesatria malam yang canggih dan kuat, Batmobile. Rusia kali ini terlihat menambahkan kegarangan Batmobile pada kereta dalam kota terbaru mereka.

Seperti yang dilansir oleh The Moscow Times (10/07), kereta dalam kota atau yang biasa dikenal dengan sebutan trem itu ditampilkan dalam gelaran expo Innoprom-2014 di Yekaterinburg, Rusia, minggu lalu.

Trem yang masih dalam tahap prototype ini memiliki desain eksterior yang futuristik nan unik dan telah disesuaikan untuk melaju di rel-rel dalam kota di berbagai daerah di Rusia. Lihat saja bagian moncong kereta yang dibuat sedikit menonjol dan dibalut oleh panel kaca agar mampu memberikan sudut pandang tambahan 30 persen untuk sang masinis.

Sebagai kereta dalam kota, trem yang bernama Russia One (R1) itu hanya berjalan di kecepatan rata-rata 24 kilometer per jam. Dengan kecepatan rendah dan panel kaca yang luas di ruang masinis, R1 diharapkan bisa sedini mungkin menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.

Dengan desain luar yang nampak seperti untaian kristal hitam yang menawan, R1 sendiri mampu membawa hingga 270 penumpang untuk sekali jalan. Bagian interior trem R1 buatan UralVagonZavod (UVD) ini telah dilengkapi dengan lampu LED dinamis dan pemutar musik yang diklaim bisa menyesuaikan dengan keadaan penumpang dan hari kereta beroprasi. Penumpang kelak juga bisa menemukan GPS, AC, pegangan tangan anti bakteri hingga Wi-Fi dalam trem R1, Engadget (13/07).

Interior Russia One

Interior Russia One

UVD menyatakan akan mulai memproduksi masal trem R1 di tahun 2015. Trem-trem ini ditujukan untuk kota-kota besar di seluruh Rusia. Mereka menyatakan jika trem baru ini bisa beradaptasi dengan baik di rel-rel lama dari era Uni Soviet.