Bekerja secara shift adalah salah satu hal yang wajar saat ini. Banyak orang yang bekerja shift pagi atau malam secara bergiliran. Jika Anda termasuk orang yang melakukan kerja shift sebaiknya berhati-hatilah. Sebuah penelitian mengungkap bahwa pekerja shift, terutama pria berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe-2, dibandingkan dengan orang yang tidak bekerja shift.

Selain itu, risiko yang lebih tinggi juga dialami oleh orang yang bekerja shift dengan jadwal yang tak teratur. Misalkan mereka bekerja dalam satu shift selama beberapa hari dan berganti-ganti dalam jangka waktu yang cepat. Hal ini tak mengejutkan menurut salah satu ahli dari Lenox Hill Hospital di New York City, Dr Alan Manevitz.

“Sudah diketahui sejak lama bahwa bekerja shift bisa mengganggu kinerja zat kimia dalam tubuh. Menyebabkan efek yang berujung pada berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, pencernaan, dan bahkan kanker. Sekarang hal ini juga diketahui bisa memicu diabetes tipe-2,” ungkap Manevitz, seperti dilansir oleh Healthy Living (24/07).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah menganalisis data dari 12 penelitian international yang melibatkan lebih dari 226.500 orang. Penelitian yang dipimpin oleh Zuxun Lu dari Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, China, ini mengamati beberapa faktor seperti jadwal kerja shift, indeks massa tubuh, sejarah kesehatan keluarga, diabetes, dan aktivitas fisik.

Meksi hasil ini tak menunjukkan adanya kaitan sebab akibat yang jelas, namun peneliti menemukan bahwa pekerja shift memiliki risiko terkena diabetes tipe-2 hingga sembilan persen lebih tinggi. Namun bagi pekerja pria, risiko ini bisa naik sangat pesat hingga 37 persen lebih tinggi.

Peneliti belum menemukan dengan pasti mengenai perbedaan efek pada pria dan wanita, namun menurut mereka hal ini berkaitan dengan tingkat testosteron. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah akan mempengaruhi resistensi insulin dan diabetes. Jika Anda adalah pekerja shift, peneliti menyarankan agar Anda lebih sering melakukan cek kesehatan dan menjaga kesehatan dengan baik selama bekerja agar terhindar dari masalah kesehatan.