Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal menghapus trayek Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang masuk ke Jakarta. Ahok kesal dengan mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono yang diduga sengaja memberikan trayek APTB.

“Iya (dihapus). Habisnya dari dulu memang ada kesengajaan dari dishub. Enggak pernah beli bus. Enggak pernah perluas transjakarta. Tapi malah dishub beri izin trayek kepada APTB,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (15/8).

Menurut Ahok, trayek APTB tersebut menyalahi teori transportasi di setiap daerah. Seharusnya, lanjut dia, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperpanjang jangkauan transjakarta bukan malah memberikan izin trayek APTB.

“Harusnya teorinya tidak ada APTB. Teorinya itu mesti memperpanjang jangkauan transjakarta. Itu teori transportasi,” kata dia.

Mantan bupati Belitung Timur ini kesal dengan Udar dalam memberikan izin trayek kepada APTB. Namun, kata Ahok, hal tersebut sudah terlanjur dan belum bisa distop.

“Kamu tahu enggak transjakarta itu setengah mati menggabungkan trayek bus yang lama atau menghilangkan trayek orang untuk diubah agar tidak macet. Bagaimana tiba-tiba diubah dan diciptakan APTB. Ini sudah terlanjur, lu mau stop busnya tapi belum selesai kreditnya. Ini gue curiga dishub ini ada apa ciptakan trayek begitu banyak,