EQUITYWORLD FUTURES – Banjarnegara saat ini sedang menjadi fokus pemberitaan. Bencana tanah longsor yang menewaskan seratusan orang ini membuat kabupaten ini menjadi sorotan media nasional.

Data terakhir, 61 jenazah sudah ditemukan tertimbun material tanah, namun puluhan lainnya masih belum ditemukan. Hingga kini belum bisa dipastikan berapa jumlah warga yang tertimbun longsor besar itu. Longsor juga membuat akses jalan di Banjarnegara terputus.

Banjarnegara selama ini dikenal sebagai kota dawet. Dawet Ayu menjadi minuman khas Banjarnegara yang sudah kesohor. Dawet Ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, bahkan di Ibu Kota Jakarta juga sangat mudah ditemui Dawet Ayu.

Es Dawet Ayu khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

Jika anda berwisata ke Banjarnegara belum lengkap kalau belum menikmati sajian segarnya Dawet Ayu. Minuman yang digemari para wisatawan ini berawal dari perpaduan santan, air gula Jawa/juruh dan isinya dawet yang terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung pohon aren (tepung gelang).