EQUITYWORLD FUTURES – Ketiga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini tidak terlepas dari kicauan mereka di situs mikroblogging twitter beberapa waktu lalu.

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming memang dikenal tidak terlalu eksis di twitter, tetapi saat peristiwa ditangkapnya seorang tukang sate yang bernama Muhammad Arsyad karena menghina Ayahnya di Facebook, pengusaha katering itu memberikan komentarnya terkait kasus tersebut.

Sementara, anak kedua Jokowi, yaitu Kahiyang Ayu memberikan komentar satire saat mengetahui nilai skor yang ia peroleh untuk masuk test seleksi CPNS di Kota Solo mendapatkan skor yang kecil. Berbeda dengan kedua kakaknya, anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep memang dikenal eksis di dunia maya. Pemuda yang menempuh kuliah di Singapura itu, dikenal sering berkicau lucu di twitter, bahkan ia sering menumpahkan pengalaman lucunya di blog pribadinya misterkacang.blogspot.com.

Dalam profil blog pribadinya itu, ia menulis cita-citanya yang ingin memiliki pacar cantik seperti aktris pemeran Nayla dalam sinetron Ganteng-Ganteng Serigala, Jessica Mila.

“Punya pacar secantik Jessica Mila,” tulis Kaesang dalam blognya.

Terakhir, ia membuat heboh jagad dunia maya karena menolak ajakan followers twitternya yang memintanya mendekati putri cantik Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang bernama Nadine Kaiser.

Berikut kicauan di twitter tiga anak Jokowi yang membuat media sosial heboh belakangan ini:

1. Gibran Rakabuming, #savetukangkatering

 

Beberapa hari terakhir, jagat Twitter ramai hashtag #savetukangsate lantaran seorang tukang sate, Muhammad Arsad ditahan Mabes Polri karena dianggap menghina Presiden Jokowi di Facebook. #savetukangsate pun menjadi trending topic di Twitter.

Entah ingin menyaingi hashtag #savetukangsate, putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming, lewat akun Twitter-nya, @Chilli_Pari menulis hashtag #savetukangkatering. Bahkan hashtag yang dia bikin tersebut di-mention ke Wakil Ketua DPR yang juga politikus Partai Gerindra Fadli Zon, @fadlizon

“#savetukangkatering @fadlizon,” tilis Gibran lewat akun Twitter-nya @Chilli_Pari, tadi malam, Sabtu (1/11).

Fadli Zon belakangan memang juga heboh komentar soal si tukang sate yang ditahan Mabes Polri tersebut. Bahkan Fadli Zon mengunjungi Muhammad Arsad, si pelaku yang memposting foto Jokowi dan Megawati secara tidak sopan di Facebook.

Fadli mengaku heran dengan sikap kepolisian yang dianggapnya lebay itu. Fadli Zon bahkan merasa cemburu karena pada saat pilpres lalu meme-meme bully untuk Prabowo juga tak sedikit bertaburan di media sosial, namun polisi dianggapnya tebang pilih kasus lebih serius menangani kasus Jokowi ketimbang Prabowo.

2. Kahiyang Ayu, Twit satire setelah mengikuti tes CPNS

 

Putri Joko Widodo ini menjadi bahan perbicangan karena mengikuti seleksi masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Solo. Netizen terkejut seorang putri Presiden mau mengikuti seleksi CPNS. Kahiyang mengikuti ujian seleksi CPNS Kota Solo pada 23 Oktober lalu. Anak kedua mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersaing dengan 6.277 pelamar lainnya, untuk memperebutkan 56 kursi lowongan yang ada di Pemerintah Kota Solo.

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini, terdaftar sebagai peserta ujian seleksi CPNS formasi pemeriksa pertama. Formasi ini memang sangat diminati pelamar CPNS karena dibuka untuk semua jurusan. Terdapat 4 lowongan di formasi ini yang akan diperebutkan 2.500 peserta.

Menanggapi keikutsertaan putri orang nomor satu di Indonesia tersebut Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengaku tidak akan memberikan perlakuan khusus. Ia juga tidak bisa menjamin putri Jokowi akan langsung diterima.

“Tidak ada jaminan dia bisa diterima, semua tergantung hasil tesnya. Semua terdokumentasi hasil tes yang bisa sewaktu-waktu diakses,” ujar Rudy beberapa waktu lalu.

Mantan kolega Jokowi di Pemkot Solo tersebut juga menjamin tidak ada titipan dalam pelaksanaan ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Walaupun yang menjadi peserta ujian adalah putri presiden.

Usai menjalani tes tersebut, Kahiyang Ayu berkicau menggunakan akun Twitternya, @Ayangkahiyang. “Lulus ujian=kkn, nggak lulus ujian=bego,” tulis Kahiyang. Twit tersebut menarik perhatian para pengguna twitter di Indonesia. Mayoritas memberikan kata-kata motivasi dan bijak untuk menyemangatinya. Salah satunya berasal dari akun @june_moni yang menulis “tidak apa kak, yang penting kamu sudah menjadi dirimu sendiri @ayangkahiyang,” tulis akun tersebut. Kini, akun twitter Kahiyang sudah tidak bisa lagi dilihat publik karena sudah diproteksi.

Berdasarkan hasil tes yang tertera di papan pengumuman, Kahiyang Ayu menduduki urutan 105 dalam tes sesi ketiga untuk formasi Pemeriksa Pertama dengan nilai 300 poin. Nilai itu terdiri dari 50 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), 95 untuk tes intelegensi umum (TIU), dan 155 untuk tes karakteristik pribadi (TKP). Dari ketiga nilai itu, maka nilai tes yang paling kecil adalah tes wawasan kebangsaan.

Sekretaris Pelaksana Tes CPNS Pemkot Solo Lancer Naibaho mengatakan lolos atau tidaknya putri Jokowi itu dalam seleksi CPNS tergantung dari hasil peserta lainnya.
“Tergantung nilai peserta lainnya. Tetapi yang penting nanti Panselnas yang menentukan. Kita hanya sebagai pelaksana,” ungkap Lancer (23/10)

Merujuk pada peraturan CPNS, seorang peserta CPNS dinyatakan lolos bila nilainya memenuhi passing grade. Nilai passing grade yakni 70 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), 75 untuk tes intelegensi umum (TIU) dan 126 poin untuk tes karakteristik pribadi (TKP).

3. Kaesang Pangarep, naksir pemeran Ganteng-Ganteng Serigala

 

Meski anak presiden, ternyata hal itu tidak menyelamatkan Kaesang Pangarep dari kejombloan. Setidaknya hal itu yang terlihat dari curhatnya di sosial media hingga blog pribadi yang dimiliki.

Namun ada dua sosok wanita yang menyita perhatian jika membahas anak bungsu Jokowi ini. Yang pertama adalah pemeran Nayla di GGS, Jesica Mila dan satu lagi Elaine Hartanto yang merupakan member JKT48.

Sikap yang berbeda ditunjukkan Kaesang kepada dua nama itu. Hal ini terekam dalam blog Diary Anak Kampung miliknya. Dalam profil di blog itu Kaesang dengan jelas memuji wajah ayu Jessica, dan jika sampai punya pacar ia ingin yang secantik wanita kelahiran 3 Agustus 1992 itu.

Sementara itu Elaine juga disebut cewek idaman Kaesang karena menjadi satu-satunya member JKT48 yang ia follow. Kaesang juga sempat menulis tweet ketika menonton theater JKT48, dan ini diduga demi Elaine. Namun sayang, berbeda dengan Jessica Mila yang dipujinya, Kaesang lebih dingin kepada Elaine.

“Mention yang paling sering itu pada tanyain apakah gue suka sama Elaine atau nggak? Gimana gue bisa suka kalau kenal aja nggak. Ya masa cuma nge-follow twitter doi, terus pada ngira gue suka,” tulisnya.

Jomblo yang berharap punya pacar secantik Jessica Mila, dan bersikap dingin kepada Elaine. Kaesang menjawab rasa penasaran tentang dua cewek cantik itu. Jika harus memilih, ia tidak akan milih siapa pun. Waduh jomblo lagi dong?

Nggak milih keduanya RT @zuliaimami : @kaesangp jadi lebih milih Elaine apa Jessica Mila ? Kaesang Pangarep (@kaesangp)

4. Anak bungsu Jokowi takut dekati putri cantik Menteri Susi

 

Kecantikan Nadine Kaiser tengah heboh di media sosial. Nadine adalah anak Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Saking hebohnya, ada yang iseng di media sosial Twitter. Akun @ecat210 iseng me-mention foto cantik Nadine ke Kaesang Pangarep. “Tuh mas @kaesangp, anaknya menteri Susi..Sikat!!!,” tweet @ecat210.

Lewat akun Twitternya, @kaesangp, putra bungsu Jokowi itu menanggapinya. “Ga berani, dia anaknya menteri,” tulis Kaesang.

Ketakutan Kaesang di twitter itu ternyata mengundang perhatian artis yang dikenal memiliki badan kekar, Agung Hercules. Ia menanggapi ketakutan Kaesang itu dengan menulis twit. “Gak berani barbel melayang!!” tulis Agung. Pengikut lain di twitternya banyak yang memberikan semangat agar ia berani untuk mendekati putri cantik Menteri Susi itu. Seperti yang ditulis akun @dhimaza2004. “cantik sekali paduan asia dan barat, ayo maju jalan @kaesangp lepaskan belenggu kejombloanmu jangan liat status,” ujar akun tersebut menyemangati.

Nadine Kaiser merupakan anak dari pernikahan Susi Pudjiastuti dengan Daniel Kaiser. Daniel Kaiser dan Susi Pudjiastuti menikah pada tahun 1992, namun kemudian diketahui bercerai. Susi diketahui sempat dua kali bercerai dan kemudian menikah dengan Christian von Strombeck. Dari pernikahan-pernikahannya, ia memiliki tiga orang anak, Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser (dari pernikahannya dengan Daniel Kaiser), dan Alvy Xavier.