EQUITYWORLD FUTURES – Studio game asal Barcelona, U-Play Online meluncurkan game bertajuk YouTubers Life pada 18 Mei 2016 lalu. Game tersebut terinspirasi dari tren YouTuber yang tengah mewabah saat ini.

YouTuber sendiri merupakan istilah bagi netizen yang aktif mengunggah video ke YouTube. Mereka biasanya fokus pada satu sektor, misalnya dunia masak, game, musik, atau stand up comedy.

Jika video mereka diminati banyak orang, para YouTubers dapat memonetisasi channel mereka. Jalurnya beragam, baik lewat iklan Google atau sponsor langsung dari brand tertentu.

Nah, bagaimana reaksi para YouTubers asli di dunia nyata saat memainkan game YouTubers Life di desktop? Berikut dihimpun KompasTekno, Senin (30/5/2016) dari Kotaku.

1. Steven Suptic

Pria berusia 23 tahun ini adalah YouTuber muda yang kerap mengunggah video saat bermain game lewat channel StevenSuptic. Dia bakal mengomentari game-game yang baru dirilis.

Selain itu, Suptic juga kerap mengunggah video yang berisi tantangan tertentu. Pembawaan yang kocak menjadi daya tarik utama Suptic.

Saat memainkan YouTubers Life, Suptic terlihat salah tingkah karena seakan melihat dirinya sendiri. Sambil bercanda ia berkata “Game ini sepertinya lebih baik dari channel asli saya.”

2. Josh Zerker

Lain Suptic, lain pula cara Josh Zerker merespons YouTubers Life. Pria yang aktif mengunggah video lewat channel YouTube ZerkaaPlays tersebut lebih banyak mencurahkan isi hati sambil bermain.

“Sebagai YouTuber, Anda kurang lebih seperti aktor, tapi Anda bukan aktor. Ini aneh. YouTube membuat saya lebih percaya diri. Saya bisa berbicara jauh lebih baik ketimbang dulu,” kata dia.

Zerker memainkan karakternya di YouTubers Life dengan sangat ambisius. Ia tak membiarkan karakternya istirahat terlalu lama.

“Apa? YouTuber punya pola tidur teratur?” ia bertanya, seakan mengindikasikan bahwa seorang YouTuber tak mungkin memiliki pola hidup terjadwal.

3. Yammy Xox

Ini dia YouTuber perempuan yang terkenal dengan konten kajian game di channel personalnya. Ia masih berumur 21 tahun, namun namanya sudah dikenal di kalangan YouTuber maupun pecinta konten game.

Gadis asal Inggris ini melontarkan komentar yang menggemaskan ketika karakternya di YouTubers Life mendapat 100 suscribers. Ia bernostalgia ketika hal tersebut terjadi di kehidupan nyatanya.

“Saya benar-benar mengangkat laptop dan merekam momen itu dengan kamera untuk membuat video terima kasih,” ia menuturkan.

“Itu benar-benar memalukan,” kata remaja tersebut.

4. Felix Kjellberg

Barangkali tak banyak yang mengetahui nama asli YouTuber ini. Sebab, ia lebih dikenal dengan nama PewDiePie. Pria asal Swedia ini merupakan YouTuber dengan pendapatan paling tinggi.

Ciri khasnya adalah berteriak histeris saat mengomentari sebuah video. Kali ini, seperti beberapa YouTubers lain, Kjellberg pun merasa game yang ia mainkan relevan dengan kehidupan nyatanya.

“Ini adalah kebenaran di balik YouTube. Kami semua depresi. Kenapa banyak orang yang mau jadi YouTuber? Untuk ketenaran? Untuk uang? Agar ibumu marah-marah padamu?” kata dia berbau curahan hati.

“Lihat saya. Lihat saya di mana. Lihat konten saya yang sampah. Apakah ini bagus? Saya tak tahu. Banyak yang lihat video saya, tapi di sisi lain saya adalah PewDiePie. Kalian mengerti?” sang YouTuber kawakan melanjutkan komentarnya.

“Saya merasa kotor. Dulu saya sangat muda dan polos. Lihat saya sekarang. Kau tak ingin jadi YouTuber. Carilah pekerjaan nyata,” ia menuntaskan.

Setelah mendengar beragam respons, Anda masih mau jadi YouTuber? Untuk simulasi awalnya, Anda bisa mencoba memainkan game YouTubers Life dengan mengunduhnya lewat tautan ini. Selamat mencoba!