EQUITYWORLD FUTURES – Wakil Ketua Komisi XI Marwan Cik Asan mengatakan, paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo pada Rabu (9/9/2015) lalu, cukup efektif untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Namun, implementasi kebijakan itu harus diawasi secara ketat agar berjalan efektif.

“Presiden sesuai pidatonya berjanji akan memantau langsung efektifitas kebijakan ini di lapangan. Ini hal yang penting, jangan sampai kebijakan ekonomi yang sudah baik gagal mendorong pertumbuhan hanya karena tidak dilaksanakan secara tepat di lapangan,” kata Marwan, melalui keterangan tertulis, Kamis (10/9/2015).

Menurut anggota Fraksi Demokrat ini, lima paket kebijakan yakni kemudahan visa wisatawan, elpiji untuk nelayan, tambahan bantuan raskin selama dua bulan, percepatan penyaluran dana desa, dan perluasan sumber daging sapi merupakan kebijakan yang tepat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek.

Sebaliknya, ia menilai, kebijakan mengenai deregulasi peraturan seperti yang diinginkan Presiden akan sulit dirasakan dalam waktu singkat. Menurut dia, lima paket kebijakan yang diberikan Jokowi saat ini tidak jauh beda dengan usulan yang diberikan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saran Pak SBY agar jangan semua terfokus ke infrastruktur, tapi melihat juga apa yang dibutuhkan rakyat saat ini dan efektif mendongkrak daya beli masyarakat,” ujar Marwan.