EQUITYWORLD FUTURES – Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dipastikan akan menghadiri Kongres XIX Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (5/9/2015).

Ketua Badan Pekerja Nasional Kongres XIX GMNI Pius Agustinus Bria, Rabu (2/9/2015) mengatakan, Jokowi dijadwalkan akan membuka kegiatan tersebut. Sementara Megawati yang juga alumni GMNI akan menyampaikan pidato kebangsaan dalam acara ini.

Menurut Bria, setelah pembukaan, akan diadakan dua sesi seminar nasional, yakni yang seminar bertema “Mewujudkan Kedaulatan Maritim Indonesia, Melalui Trisakti Bung Karno”, dan sesi kedua dengan tema “Membangun Indonesia dari Daerah”. Dua materi seminar ini, akan menjadi masukan-masukan penting bagi organisasi.

Sementara itu, Ketua Korda GMNI NTT Nonato Sarmento dan Sekretaris Korda NTT Elas Jawamara yang ditemui terpisah mengatakan, NTT sebagai tuan rumah telah siap menyambut pelaksanaan kongres.

Menurut dia, saat ini seluruh cabang yang ada di NTT sudah terkonsentrasi di Maumere, sejak tanggal 29 Agustus guna mempersiapkan pelaksanaan kongres. “Para peserta dari luar NTT akan tiba di Maumere pada tanggal 4, sehari sebelum pembukaan kongres. Sebagai tuan rumah, ini adalah kehormatan bagi komunitas GMNI NTT yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Apalagi dihadiri oleh dua Presiden. Presiden ke- 7 dan Presiden ke- 5 ibu Megawati,” kata Nonato yang diamini Elas.

Kehadiran Presiden RI, merupakan sebuah spirit dan keberpihakan Jokowi kepada kaum marhaenis. Momentum ini juga merupakan sebuah pembuktian bahwa NTT sedang di tata oleh Pemerintah sebagai show window di beranda NKRI, karena NTT berbatasan dengan Australia dan Timor Leste yang tentunya mempunyai posisi yang strategis.