EQUITYWORLD FUTURES – Kopi asal Manggarai, Nusa Tenggara Timur berhasil menjuarai Indonesia Cupping Contest yang diselenggarakan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (19/10/2015) untuk kategori robusta dan arabika.

Pemenang berhasil menyisihkan 137 kopi se Indonesia yang kemudian dipilih kembali menjadi 10 kopi untuk mencari yang terenak. Jenis arabika juara dua kopi berasal dari Bandung, sedangkan juara ketiga adalah kopi asal Bondowoso.

Sementara untuk jenis robusta juara dua adalah kopi asal Temanggung, Jawa Tengah dan juara ketiga kopi berasal Sintoro Bengkulu.

Surip Sumarto, peneliti kopi sekaligus pembina petani kopi di Manggarai Timur kepada KompasTravel menjelaskan kopi asal Manggarai dikenal juga dengan kopi flores dan memiliki rasa yang unik dan lezat.

“Daerahnya kering sehingga spesifik dan letaknya di ketinggian serta dipengaruhi angin dingin dari Australia. Pada saat berbuah terjadi pemasakan yang bagus sehingga kualitas kopinya bermutu,” katanya.

Ia menjelaskan saat ini kopi flores merupakan kopi jenis premium yang banyak diminta oleh pasar dunia. “Saat ini eksportir kopi langsung bisa bertemu dengan kelompok petani di Manggarai. Dan kami akan mempromosikan kopi ini keluar negeri karena menjadi kopi Indonesia terenak untuk tahun ini,” pungkasnya.