EQUITYWORLD FUTURES – Korea Selatan (Korsel) berada satu peringkat di bawah Amerika dengan jumlah 891 pertemuan global per tahun.Hal ini berdasarkan Statistik Pertemuan Internasional (International Meetings Statistic) yang dikeluarkan oleh Union of International Association (UIA).

EQUITYWORLD FUTURES : Korsel saat ini menduduki peringkat ke-2 sebagai destinasi utama penyelenggaraan kongres global yang diadakan pada 2015.

Korsel berada satu peringkat di bawah Amerika dengan jumlah 891 pertemuan, naik sebanyak 40 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini juga menjadikan Korsel sebagai peringkat ke-1 di Asia dengan menyumbang 7,5 persen dari seluruh pertemuan global.

“Temuan UAI ini menunjukkan daya tarik Korea untuk kegiatan bisnis dan wisata, yang didukung oleh daya tarik budaya dan kemampuan MICE yang terus tumbuh,” tutur Executive Director Korea MICE Bureau (KMB), Kee Hun Kim dalam rilis Korea Tourism Organization (KTO) yang diterima KompasTravel, Rabu (13/7/2016).

Tiga destinasi paling populer untuk Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE) di Korsel adalah Seoul, Busan, dan Jeju Island. Seoul menempati peringkat ke-3 kota destinasi kongres global, sementara Busan menempati peringkat ke-11 dan Jeju Island menempati peringkat ke-19.

Pertumbuhan infrastruktur Korsel berperan penting dalam meningkatkan daya saing MICE. Beberapa proyek besar antara lain perluasan fasilitas untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Provinsi Gangwon, dan ekspansi Korea MICE Expo terbaru yakni Songdo Convensia di International Business District, Incheon.

Acara besar terbaru yang didukung oleh KMB antara lain 2015’s INC Conference & CNR, 7th World Water Forum, juga 25th World Road Congress Seoul. Baru-baru ini juga digelar Rotary International Convention yang dihadiri 50.000 peserta, hampir setengahnya berasal dari mancanegara. – Equity world Futures