Meskipun sering kali dituding sebagai alat untuk melancarkan penculikan atau tindakan kriminal lainnya, Facebookmembuktikan diri jika jejaring sosial ini bisa melakukan hal sebaliknya, menyelamatkan orang.

Seperti yang dikabarkan oleh BBC (28/5), empat orang pemuda asal Quebec, Kanada, telah berhasil membantu polisi menyelamatkan bayi yang diculik sehari setelah kelahirannya.

Tepat setelah kabar penculikan bayi tersiar, Senin malam kemarin, banyak orang yang memposting foto seorang wanita yang diduga sebagai tersangka di Facebook. Ternyata salah seorang empat sekawan itu ada yang mengenali foto tersebut.

Alhasil, mereka langsung menghampiri rumah si tersangka dan segera memanggil polisi setempat. Si perempuan dan bayi yang diculiknya pun langsung diamankan ke rumah sakit tempat si Ibu, Melissa McMahon menunggu. Melissa akhirnya bisa bertemu kembali dengan bayinya setelah sekitar 16 jam ‘hilang’.

Wanita yang menjadi tersangka tersebut berumur 20 tahunan dan sengaja menyamar sebagai seorang perawat untuk memuluskan aksinya. Sebelumnya dia berkilah akan mengukur berat si bayi hingga akhirnya membawanya lari.

Keberhasilan ini juga didukung oleh rekaman CCTV yang berhasil merekam wajah si pelaku dan mobil yang dikendarainya. Foto dari rekaman CCTV itulah yang digunakan oleh Melizanne Bergeron, Sharelle Bergeron, Marc-Andre Cote, dan Charlene Plante untuk mengidentifikasi si tersangka.