EQUITYWORLD FUTURES – Saat berbicara di panggung acara peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus di Lincoln Center, New York, AS, Kamis minggu lalu, Wakil Presiden Pemasaran Produk Samsung Amerika Serikat Alanna Cotton sempat membandingkan dimensi fisik salah satu phablet itu dengan rivalnya, iPhone 6 Plus besutan Apple.

“Tak hanya layar Galaxy S6 Edge Plus lebih besar (5,7 inci, berbanding 5,5 inci), tapi ukuran fisiknya justru lebih ringkas,” kata Cotton saat menyampaikan presentasi di panggung acara.

Smartphone terkenal bikinan Apple ini agaknya memang menjadi “sasaran tembak” dua phablet terbaru dari Samsung tersebut, khususnya Galaxy S6 Edge Plus yang datang tanpa dilengkapi stylus.

Meski Samsung bisa dibilang sebagai pelopor ponsel berukuran bongsor, tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran iPhone 6 Plus di pasaran telah mencuri perhatian sebagain konsumen gadget.

Nah, layar berukuran besar dari Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge yang sedikit lebih lebar dibandingkan iPhone 6 Plus merupakan salah satu poin yang diunggulkan oleh Samsung. Kedua perangkat juga dibekali dengan beberapa “senjata” lain yang tergolong baru. Selengkapnya bisa disimak di bawah.

RAM 4 GB

“Satu atau dua gigabyte RAM belum cukup untuk ukuran sekarang, maka kami berikan empat gigabyte,” ujar Wakil Presiden Pemasaran dan Strategi Produk Samsung Electronics AS Justin Denison.

RAM sebesar 4GB pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge, lanjut Denison, merupakan jumlah terbanyak yang ditanamkan pada gadget Samsung dan diklaim bakal memberikan kelancaran dalam menjalankan skenario multi-tasking.

Jaringan berkecepatan tinggi

Selain mendukung konektivitas seluler LTE berkecepatan tinggi yang sudah tersedia saat ini, duo Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge turut mendukung standar baru yang akan datang, yakni LTE kategori 9 dengan kecepatan maksimum di kisaran 400 Mbps.

Tentu, kemampuan tersebut bergantung pada lokasi negara dan operator seluler setempat.

Real-time video streaming

“Kamera adalah satu fitur yang paling sering disorot pada smartphone. Dalam hal ini, kamera ponsel Samsung dikenal memiliki reproduksi warna yang baik,” kata Denison.

Kamera utama pada kedua phablet sebenarnya merupakan unit 16 megapixel yang sama dengan milik produk sebelumnya, smartphone seri Galaxy S6. Tapi ada beberapa kemampuan baru yang ditambahkan oleh, samsung, termasuk perekaman video 4K, peredam goyangan (image stabilizer) digital dalam video atau, dan streaming video real time ala Periscope.

Fitur real-time streaming berbasis YouTube ini bisa diakses dengan mudah langsung dari menu kamera. Pengguna kemudian bisa mengirim link streaming ke daftar kontak yang dikehendaki. Video pun bisa langsung tersimpan di channel YouTube dan media internal ponsel.

Fast charging

Seperti dua smartphone Samsung sebelumnya, Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 turut dibekali fitur fast charging untuk pengisian baterai. Kedua phablet diklaim mampu mengisi baterai dari kapasitas nol hingga 100 persen dalam waktu 90 menit.

Selain charger berkabel yang disertakan dalam kotak kemasan, aksesori wireless charger untuk Galaxy Edge Plus dan Galaxy Note 5 turut mendukung fitur fast charging dan sanggup mengisi penuh baterai perangkat dalam waktu 120 meni