EQUITYWORLD FUTURES – Akhirnya Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis ke-9/2015  dibuka oleh mantan pebulu tangkis nasional, Lius Pongoh, di GOR Djarum, Jati, Kudus, Selasa (1/9/2015).

Bertempat di GOR Djarum Jati Kudus, Selasa pagi, para peserta audisi ke-9 pun berkumpul di halaman depan. Mereka pun berdatangan dari berbagai penjuru, bahkan berbagai daerah hanya ingin mengikuti tahapan pertama di audisi ini.

Para peserta berbaris, panitia pun memperkenalkan 15 legenda bulu tangkis sebagai juri pencari bakat. Mereka ini adalah Liem Swie King, Hadiyanto, Eddy Hartono, Hariyanto Arbi, Lius Pongoh, Hastomo Arbi, Denny Kantono, Fung Permadi, Heryanto Saputra, Johan Wahyudi, Christian Hadinata, Bobby Ertanto Kurniawan, Simbarsono Susanto, Maria Kristin, Sigit Budiharto, dan Kartono Hari Atmanto.

Asal tahu saja, mereka ini adalah para penguasa ajang perbulutangkisan dunia pada dekade 1970 sampai 1990-an. Liem Swie King tiga kali juara All England, Haryanto Arbi pernah jadi juara dunia, sedangkan Maria Kristin merupakan peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008.

Sebelum audisi ini dimulai, Lius Pongoh pun mewakili para juri pencari bakat membuka audisi dan sekalian menjelaskan beberapa peraturan serta beberapa penilaian untuk maju ke tahap kedua nanti. Lius pun mengatakan, keputusan juri nanti tidak bisa diganggu gugat dan mengenai kriteria kaca mata juri. Peserta yang lolos ke tahap kedua nanti dinilai dari cara bermain peserta, cara bertanding, keuletan bermain, dan usaha bertahan di lapangan.

Dari 913 peserta nantinya, dibagi berdasarkan kelompok dan kategori umur. Di kategori U-15 Putra terkumpul 197 peserta dan U-13 putra lebih banyak jumlahnya, yaitu 421. Kemudian di kategori U-15 putri ada 171 peserta dan U-13 putri berjumlah 200 peserta. Sisanya adalah kelompok U-17 berjumlah 24 peserta, 18 peserta untuk putra dan 6 peserta untuk putri.