EQUITYWORD FUTURES – Setelah memenangi empat balapan terakhir secara beruntun, Jorge Lorenzo mengaku punya masalah dengan kecepatan pada GP Belanda yang brlangsung di Sirkuit Assen, akhir pekan ini.

Pada dua sesi latihan bebas yang digelar pada hari pertama, Kamis (25/6/2015), Lorenzo kalah cepat para kompetitor utamanya, yaitu Valentino Rossi, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez.

“Hari ini saya tidak cepat saat melakukan satu putaran, dan kecepatan saya tidak bagus,” kata Lorenzo usai sesi. “Ini yang terjadi hari ini. Mengapa? Saya merasa tidak terlalu nyaman dengan beberapa area pada motor.”

Pemilik dua gelar juara dunia kelas premier tersebut mengaku ban motornya beberapa kali megngalami wheelie saat melakukan akselerasi. Dia juga mengalami beberapa kesulitan dengan pengereman saat menikung.

“Brigdestone membawa ban tanpa ekstra (grip) pada sisinya. Sudah pasti itu tidak memberi saya keuntungan. Namun, ini berlaku pada semua pebalap. Bridgestone memutuskan untuk membawa ban jenis tersebut ke sini, jadi kami harus memakainya,” lanjut Lorenzo.

Lorenzo mengaku bisa saja akan mengalami kesulitan saat balapan, Sabtu (27/6/2015), jika masalahnya saat ini tidak segera teratasi. Dia juga melihat persaingan di Assen akan lebih ketat dibanding empat balapan sebelumnya, ketika dia selalu memimpin putaran sejak start hingga finis.

“Mungkin pebalap-pebalap Honda sudah membuat satu kemajuan. Fakta bahwa kami belum menemukan setelan terbaik dan belum dapat feeling dengan ban, membuat perbedaan tersebut jadi nyata,” terang Lorenzo.

Lorenzo memastikan bahwa dia dan timnya akan bekerja keras pada sesi latihan bebas ketiga dan keempat untuk memecahkan masalah mereka sekarang, sebelum bersaing dalam perburuan tempat start pada sesi kualifikasi, Jumat (26/6/2015).