EQUITYWORLD FUTURES – Di pergelaran acara Intel Innovation Day 2015 yang diadakan di Jakarta Convention Center, Selasa (8/12/2015), Intel memamerkan sejumlah teknologi baru yang dapat memberikan pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa di antaranya adalah teknologi yang menyangkut Internet of Things (IoT). Teknologi IoT Intel diperlihatkan mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion, bisnis, hingga pertanian.

Salah satunya adalah konsep alat yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Bernama Siramin, alat ini merupakan sistem otomatisasi penyiraman tanaman dengan konektivitas mobile yang ditujukan untuk memperingan kerja para petani.

Siramin menggunakan platform Intel Edison untuk mengendalikan berbagai peralatannya. Dengan sistem ini, petani dapat menyiram tanaman secara otomatis dan terjadwal.

Kegiatan penyiraman bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja dengan memanfaatkan ponsel. Cukup dengan mengirim pesan singkat, sistem pun akan bekerja mengalirkan air.

Access point untuk edukasi

Intel juga memperlihatkan salah satu inovasi di bidang pendidikan, berupa perangkat bernama Intel Educational Content Access Point (ICAP).

Access point tersebut tak lain merupakan sebuah router yang dilengkapi dengan hard disk, koneksi seluler, dan baterai.

ICAP dikatakan akan dapat membantu memberikan konten internet di berbagai sekolah, bahkan hingga ke pelosok Indonesia karena sifatnya yang sangat mobile dan serbaguna.

Alat ini berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan konten digital, khususnya di sekolah-sekolah yang tidak terjangkau oleh akses Internet.

“Di area yang tidak ada akses Internet, mereka bisa merasakan digital literasi dengan memanfaatkan teknologi ini,” terang Ganis Samoedra, Head of Education Development Intel Indonesia.

ICAP dirancang untuk memudahkan para admin IT, guru, dan murid untuk pembelajaran digital.