EQUITYWORLD FUTURES – Tidak dipungkiri, sejak awal diperkenalkan ke publik sebagai salah satu anggota Kabinet Kerja Jokowi-JK, Susi Pudjiastuti berhasil menyita perhatian publik. Penampilan Susi yang nyentrik, dengan tatoo di kaki dan merokok di Istana Negara, menjadi buah bibir di masyarakat.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini menyadari betul kalau dirinya selalu mendapat sorotan di masyarakat. Bahkan hingga menyangkut kehidupan pribadi, keluarga, dan latar belakang pendidikannya yang hanya berijazah SMP tapi dipercaya menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai pejabat publik, sudah tentu Susi menyadari bahwa semakin lama dia bakal semakin populer di masyarakat. Sebab, kebijakan yang diambilnya erat kaitannya dengan kehidupan berbangsa, bernegara, dan masyarakat.

Selama lima pekan menjadi menteri, popularitas Susi semakin meningkat. Salah satunya karena kebijakannya menenggelamkan kapal asing ilegal yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Merdeka.com merangkum momentum makin populernya Menteri Susi baik di mata masyarakat, pejabat negara, hingga yang diakui oleh Presiden Joko Widodo.

1. Jokowi sebut semua senang Menteri Susi

Saat memberikan sambutan di Musrenbangnas 2014, Presiden Joko Widodo sempat mencari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. “Mana Bu Susi?” ujarnya seraya mencari sosok menteri berpenampilan nyentrik itu.

Bukan tanpa alasan Jokowi mencari menteri yang hanya mengantongi ijazah SMP tersebut. Kepala negara menceritakan bagaimana sosok Susi Pudjiastuti menjadi idola semua orang.

“Kenapa sih senang Bu Susi, semuanya? Saya heran kalau saya datang, nelayan-nelayan pada teriak-teriak semua Bu Susi, Bu Susi,” ujar Jokowi memuji Susi.

2. Dijadikan contoh kerja nyata

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan memuji kinerja koleganya di kabinet kerja, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Meski tidak berpendidikan tinggi dan hanya mengantongi ijazah SMP, kinerja Susi nyata.

Jonan meminta seluruh anak buahnya mencontoh kinerja Menteri Susi. Kemampuan seseorang tidak hanya diukur dari pendidikan yang ditempuh.

“Ibu Susi jadi menteri enggak punya ijazah. Saya enggak peduli Anda sekolah tinggi atau tidak,” ucap Jonan dalam membuka rapat kerja kementerian perhubungan di Jakarta, Selasa (9/12).

3. Banyak sms dari ibu-ibu

Sore ini, Selasa (18/11), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunjungi kantor pusat Pertamina di Jakarta Pusat. Kedatangan Susi untuk menjadi pembicara dalam sebuah seminar soal industri hulu minyak dan gas (migas).

Dalam sambutannya, Susi yang mengenakan pakaian berwarna hitam berjanji untuk berhenti merokok. “Kalau kesehatan, harus serius dong,” ujarnya di Jakarta, Selasa (18/11).

Susi menuturkan alasannya berhenti merokok. Salah satunya karena banyak pesan singkat yang diterima Susi dari kaum ibu yang menyayangkan kebiasaan Susi merokok.

“Banyak SMS dari ibu-ibu. Banyak yang bilang, Anak saya suka sama Ibu, anak saya tidak merokok. Tapi, kalau Ibu merokok di kamera, jangan-jangan anak saya mencontoh ibu,” jelas dia.

Sambil bergurau Susi menyatakan akan berhenti merokok. “Saya akan berhenti merokok kalau banyak peraturan diganti,” ungkapnya.

Susi menyadari, prilaku dia merokok kerap dikomplain masyarakat. Ketika dia merokok di Istana dan diberitakan media, Susi mendapat pesan kalau itu kebiasaan tidak baik dan takut dicontoh anak-anak.

“Karena ada tayangan itu, ada ibu-ibu yang sms pada saya. Bu, anak saya nge-fans banget sama ibu, tapi kenapa ibu merokok. Kan kalau anak itu mengikuti seperti saya, gimana coba nanti,” ceritanya.

4. Dikenal pengusaha sukses

Sosok Susi Pudjiastuti, mendapat perhatian publik. Bukan karena pribadinya yang unik, tapi juga kinerja dalam sepekan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Dia, satu-satunya menteri di kabinet Jokowi yang hanya memegang ijazah SMP. Namun demikian Susi sukses dengan bisnis penerbangan dan perikanan.

Pelaksana Tugas Direktur Pertamina Muhamad Husen menilai, Susi sebagai contoh masyarakat yang sukses dengan pengembangan inovasi. “Dia dulu cuma pengusaha ikan sekarang sukses bisnis Susi Air,” katanya di Jakarta, Senin (3/10).

Husein menyebut, kesuksesan Susi karena membeli pesawat untuk mengangkut hasil perikanannya agar lebih mudah menjangkau pasar. “Tadinya pesawat itu cuma penunjang dia, tapi sekarang dia jadi bisnis pesawat terbang.”

5. Dibicarakan di media sosial

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah menjadi bahan perbincangan di media sosial. Setelah ramai netizen membandingkan Susi dengan Ratu Atut dan Tri Rismaharini, beredar lagi foto Susi yang bikin heboh.

Dalam foto yang beredar di media sosial tersebut, Susi tampak menggendong seorang wanita tua yang disebut-sebut sebagai ibunya. Susi menggendong wanita itu melintasi landasan pacu lalu mendudukkan ibunya di kursi pesawat baru maskapai Susi Air miliknya.

Foto tersebut menuai pujian dari para netizen. Mereka mengaku terharu melihat apa yang dilakukan Susi pada orangtua.

“Jalan rezeki dibuka dengan bakti kita pada orangtua,” tulis seorang netizen.

Yang lain menulis “Sungguh berbakti pada orangtua. Tak heran Ibu Susi bisa sukses seperti ini.”