EQUITYWORD FUTURES – Marc Marquez meraih hasil positif pada hari pertama GP Belanda, Kamis (25/6/2015). Dengan sasis 2014 yang ditambahkan pada mesin musim ini, dia berhasil menjadi tercepat kedua pada sesi latihan bebas di Sirkuit Assen.

“Hasil hari ini bagus dan saya senang karena menjalani latihan bebas yang normal. Kami mencoba ban yang dipakai balapan dan juga mencoba setelan pada motor. Sudah lama sekali kami terakhir mengalami hal ini,” kata Marquez, usai sesi.

Juara Dunia 2013 dan 2014 tersebut mengaku sudah merasa nyaman dengan ban belakangnya, tetapi masih ada yang harus diperbaiki. Dia dan rekan satu timnya, Dani Pedrosa, bisa bersaing dengan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo.

“Saya memakai sasis 2014 sepanjang dua sesi, ditambah dengan swingarm baru yang sudah saya pakai di Sirkuit Le Mans (Perancis). Sepertinya, ini berfungsi dengan baik. Saya mendapat feeling yang bagus dengan motor, tetapi tetap saja ada beberapa poin di mana kami masih bisa berkembang,” jelas pebalap 22 tahun tersebut.

Marquez sempat terjatuh saat menjalani lap pembuka pada sesi latihan bebas pertama. Namun, dia tidak mengalami cedera dan bisa menjalani dua sesi dengan baik.

“Kejadian yang aneh dan saya tidak mengerti. Itu terjadi pada percobaan pertama. Mungkin saya melebar dan lintasan masih kotor, atau mungkin karena ban masih dingin. Kejadian yang aneh dan juga menakutkan, sekaligus seperti panggilan untuk bangun,” aku rider yang baru memenangi satu balapan pada musim ini tersebut.

Pada hari pertama, beberapa pebalap mencoba ban belakang berkompon hard, tetapi Marquez memilih tidak karena kemungkinan besar akan memakai ban belakang soft untuk balapan Sabtu (27/6/2015).