EQUITYWORLD FUTURES – Salah satu panitia seleksi (pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Natalia Subagyo, tidak melarang jika ada masyarakat yang ingin mengusulkan salah satu pimpinan KPK yang dianggapnya baik. Ahli tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi itu juga menjamin bahwa masyarakat bisa mendaftarkan nama yang dianggap cocok.

“Ada masa pencalonan kandidat. Apakah masyarakat bisa menominasikan
calon yang dianggap baik? Di situ, kalau menurut anda ada orang yang baik silahkan daftarkan,” kata Natalia, di Balairung UI, Kamis (28/5/2015).

Menurut Natalia, masyarakat punya andil untuk menjaga agar KPK tetap dipimpin oleh orang yang baik. Namun, lanjut lulusan Sastra China UI tersebut, masyarakat tidak bisa menominasikan sosok pilihannya tanpa sepengetahuan orang yang dinominasikan.

Pansel KPK juga tidak bisa menjamin atau menggaransi sepenuhnya jika ada “pencari kerja” yang akan ikut mendaftarkan diri.

Pansel KPK, kata Natalia, yakin jika masyarakat saat ini sudah cukup cerdas jika harus memutuskan siapa yang harus menjadi pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

“Masyarakat sudah cerdas. Mereka tahu prestasi dan sepak terjang KPK selama ini. Mereka juga tahu betul tantangan yang akan dihadapi jika menjadi pimpinan KPK. Artinya, mereka tidak mungkin gegabah mendaftarkan diri menjadi pimpinan KPK tanpa kesadaran penuh, tanggung jawab dan misi yang ingin dicapai oleh KPK,” ucapnya.