EQUITYWORLD FUTURES – Situs penghimpun gambar “Getty Images” menuntut blog digital asal Jerman “Get Digital”. Kisruhnya, Get Digital menyematkan gambar “Socially Awkward Penguin” sebagai meme yang diunggah ke publik.

Getty Images mengaggap hal tersebut adalah pembajakan karya. Sebab, gambar penguin itu dicaplok dari karya fotografer George F. Mobley yang terhimpun di Getty Images.

Terlebih, Get Digital dikatakan tak pernah meminta izin sebelum menggunakan, memodifikasi dan memonetisasi gambar penguin tersebut sebagai meme. Untuk itu, Get Digital diminta ganti rugi sebesar 868 dollar AS atau Rp 12,2 juta.

Get Digital pun telah membayar tuntutan duit tersebut dan menghapus gambar penguin dari blognya. “Situasi hukumnya sudah selesai,” kata pihak Get Digital, sebagaimana dilaporkan PetaPixel dan dihimpun Nextren, Selasa (8/9/2015).

Walau secara hukum sudah berdamai, Get Digital tampak masih belum terima dengan perlakuan Getty Images. Menurut blog tersebut “Socially Awkward Penguin” sudah sangat terkenal di seantero internet, antara lain lewat “meme” yang banyak beredar.

Sebelumnya, tak ada yang pernah mempermasalahkan penggunaan gambar tersebut. “Getty hanya mengancam dengan pengacara untuk memaksa orang-orang diam dan membayar sejumlah duit yang diminta,” kata Get Digital.

Gusar atas perlakuan yang diterima, Get Digital pun membuat kartun dari “Socially Awkward Penguin”. Semua orang diperbolehkan memakai gambar tersebut. Berikut meme yang dibuat dengan tendensi menyindir Getty Images.

PetaPixel socially awkward penguin