EQUITYWORLD FUTURES – Keterpurukan prestasi olahraga Indonesia mengunggah hati aktor sekaligus presenter olahraga, Ibnu Jamil. Atas dasar itulah, dia mendirikan Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).

Saat ini, beberapa rekan Ibnu seperti Putri Indonesia tahun 2002, Melanie Putria, dan pasangan selebriti Dimas Seto dan Dhini Aminarti sudah bergabung bersama YOAN guna memperkenalkan olahraga kepada anak-anak usia dini.

“Rekan-rekan YOAN memiliki visi dan misi sama. Kami tidak nyaman dengan keterpurukan olahraga Indonesia,” kata Ibnu setelah kegiatan YOAN Goes to School di Sekolah Budi Mulia, Ciputat, Tangerang, Selasa (9/2/2016).

“Marah-marah tidak menyelesaikan masalah. Kita perlu tindakan. Meskipun langkahnya kecil, inilah yang bisa kami lakukan, semoga bisa berdampak besar untuk olahraga Indonesia,” ucap Ibnu.

Beberapa olahragawan kini sudah bergabung bersama YOAN, seperti mantan pemain tim nasional sepak bola era Primavera, Kurniawan Dwi Yulianto dan Supriyono, atlet lari gawang Dedeh Erawati, instruktur aerobik Fahmi Fahrezi, dan mantan atlet binaraga, Ade Rai.

“Saya lihat apa yang dilakukan YOAN sejalan dengan apa yang ingin saya lakukan. Saya memang tertarik dengan pembinaan di level akar rumput, sebab saya miris melihat prestasi olahraga Indonesia belakangan ini,” kata Kurniawan.

Ibnu berharap, melalui kegiatan-kegiatan ini, kelak olahraga nasional dapat kembali berjaya.

“Apalagi olahraga juga merupakan salah satu cara untuk membentuk mental bangsa agar mempunyai jiwa sportif dan mempunyai jiwa raga yang sehat pula,” ujar Ibnu.

Setelah Budi Mulia, dalam tahun ini, YOAN berencana akan kembali mendatangi 24 sekolah lainnya se-Jabodetabek.

“Ke depannya kami harap YOAN melebar lagi, pergerakannya tidak cuma di satu kota, tetapi juga menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan juga akan lebih banyak olahraga lainnya yang akan diperkenalkan,” kata Ibnu.

Terakhir, Ibnu berpesan kepada anak-anak Indonesia.

“Saya yakin anak-anak Indonesia masih punya mimpi. Mereka pasti mau kerja keras, dan itu adalah formula yang pasti untuk jadi orang sukses,” ucap Ibnu.