Apakah Anda termasuk golongan orang yang pelupa dan sulit mengingat apa saja termasuk nomer ponsel Anda sendiri? Mungkin otak Anda kekurangan nutrisi sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kekurangan nutrisi pada otak bisa membuat Anda cepat pikun dan sulit mengingat. Sehingga mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk otak wajib dilakukan. Seperti dilansir dari indiatimes.com, inilah daftar beberapa makanan yang bisa mencegah Anda dari penyakit lupa.

Ikan
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ikan dengan jenis ikan berminyak seperti ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya. Minyak ini sangat baik untuk kesehatan otak dan mampu mengurangi masalah kesehatan otak serta dapat meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli tinggi akan kandungan zat antioksidan, asam folat, beta karoten, serta vitamin C. Semua zat alami ini baik untuk kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan memori Anda untuk mengingat.

Kuning telur
Kandungan zat alami yang ada di dalam kuning telur seperti zat besi dan mineral lainnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke otak. Sehingga otak akan meningkat fungsinya. Telur juga mengandung vitamin B12 dan iodine yang mampu mencegah Anda dari penyakit pikun.

Teh hijau
Tahukah Anda bahwa 70% dari otak Anda terdiri dari air? Itulah sebabnya menjaga otak agar tetap terhidrasi sangat penting. Selain mengonsumsi air putih, Anda dapat meminum teh hijau. Teh hijau sendiri kaya akan zat antioksidan yang dapat mengurangi risiko demensia.

Cokelat hitam
Flavonoid, kandungan alami di dalam cokelat hitam dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Sebab flavonoid akan menciptakan neuron baru di otak yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.

Makanan di atas sangat banyak tersedia di sekitar Anda. Oleh karena itu selalu konsumsi makanan di atas agar Anda tidak menjadi pikun.