EQUITYWORLD FUTURES – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Kabinet Kerja, Rudiantara pada Rabu (5/11/2014) malam mengunjungi kediaman Samuel Franklyn, seorang programmer lepas yang menderita lumpuh akibat rusaknya syaraf tulang belakang akibat terjatuh.

Di kediaman Samuel di daerah Tanjung Duren, Duri Kepa, Jakarta Barat, Rudiantara banyak berbincang tentang dunia programming dan kemungkinan dilibatkannya Samuel dalam program kerja yang akan dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

“Saya bicara banyak masalah teknis, program, kebetulan tadi juga menyinggung soal DNS (Domain Name Server), pemerintah dengan komunitas dan Kominfo sedang membangun DNS semua traffic internet di indonesia,” ujar Rudiantara.

“Saya yakin banyak temen di Indonesia seperti Sammy (panggilan Samuel), ini harus diberdayakan, apalagi kita akan masuk ke era digitalisasi,” imbuhnya.

Lalu apakah Samuel akan dilibatkan dalam program DNS yang sedang dibangun kominfo? Menjawab pertanyaan tersebut Rudiantara mengatakan akan membicarakan hal tersebut lebih lanjut, baik dengan Samuel maupun dengan komunitas.

“Orang seperti Sammy akan saya minta untuk mengetes, gimana sih rawannya sistem yang kita terapkan, daripada di-hack orang lain, mendingan kita coba cari tahu lebih dulu,” terang Rudi.

Samuel di kalangan programmer memang dikenal sebagai seorang yang senior dan ulung, terlebih soal pemrograman Java. Pengalaman dan keahlian Samuel banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar termasuk sektor perbankan di Jakarta.

Kekaguman Rudiantara

Kunjungan Menkominfo Kabinet Kerja Presiden Jokowi itu ke kediaman Samuel tergolong dadakan. Rudiantara baru mendapatkan informasi tentang Samuel Rabu pagi setelah membaca harian Kompas.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara bersama Samuel Franklyn di kediamannya di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu (5/11/2014).

“Saya dikasih tau temen saya, dan tadi pagi baca di Kompas,”ujarnya.

Rudiantara mengungkapkan kekagumannya terhadap semangat Samuel, dan itu yang patut kita contoh. “Dengan kondisi (Samuel) yang seperti demikian, ia memiliki spirit luar biasa pantang menyerah, saya belajar banyak dari filosofi dia,” ujar pria yang kerap disapa Rudi ini.

“Kita patut bangga dengan Sammy,” imbuhnya.

Menurut Rudiantara, ada sisi yang bisa diteladani dari Samuel, terutama soal semangat. Samuel walau memiliki keterbatasan fisik tetapi memiliki semangat luar biasa. “Kita yang, mohon maaf, memiliki kondisi normal harus memiliki semangat seperti itu,” terangnya.

Disinggung tentang bantuan yang akan diberikan kepada Samuel, Rudiantara menjawab, “Kalau soal bantuan, kita bisa bantu ya bantu, kita kan tidak sendiri ada teman-teman dari komunitas juga, nanti akan kita bicarakan dengan teman komunitas,” pungkasnya.