EQUITYWORLD FUTURES – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membentuk Komite Eksplorasi Nasional yang akan mengurusi masalah eksplorasi minyak dan gas di Indonesia.

“Komite ini akan mendorong eksplorasi besar-besaran karena kita sadar cadangan kita terus menipis,” kata Sudirman saat jumpa pers di kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (5/5/2015) malam. Andang Bachtiar ditunjuk untuk memipin komite tersebut.

Dia mengatakan, aspek kajiannya banyak, mulai dari eksplorasi di lapangan, koordinasi antarpusat dan daerah, hingga hal teknis termasuk bagaimana memperbaiki iklim investasi supaya semakin banyak eksplorasi.

Menteri ESDM mengatakan, saat ini adalah waktunya merealisasi semua rekomendasi yang telah diterima dari berbagai pihak. Dengan adanya tim ini, ditargetkan setidaknya dalam waktu lima tahun, cadangan minyak dan gas Indonesia akan bertambah.

Mengenai susunan pengurus komite tersebut, dia mengatakan masih dalam pembahasan.

Andang Bachtiar yang juga aktif di dewan migas mengatakan, tim ini bukan suatu yang baru karena 10 tahun lalu sudah ada tim percepatan eksplorasi dan daftar eksekusinya sudah banyak.

“Dengan semangat baru dan orang-orang baru ini, saatnya kami mengeksekusi rekomendasi-rekomendasi yang sudah ada sejak 10 tahun lalu. Jadi kami tidak akan merencanakan lagi tapi akan merealisasi daftar-daftar tersebut,” kata dia.

Andang mengatakan, selama ini eksplorasi terhambat karena mungkin tersandung beberapa kendala seperti perizinan, regulasi, tumpang- tindih lahan, dan tidak adanya konsep dasar tentang eksplorasi.

“Selama ini kita tidak memiliki konsep dasar eksplorasi. Kita selalu menganggap eksplorasi akan memakan biaya besar. Hal itu terjadi karena kita tidak memiliki pengetahuan, jadi yang menemukan titik-titik eksplorasi baru selalu orang asing,” kata dia.

Menurut dia, seharusnya Indonesia mengambil kesempatan dengan rendahnya harga minyak untuk menggalakkan eksplorasi. Dia berharap komite ini didorong kuat oleh Kementerian ESDM dan SKK Migas agar ide-ide besar mengenai eksplorasi dapat direalisasikan.