EQUITYWORLD FUTURES – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono punya cara sendiri menganalogikan kinerja kabinet di bawah komando Presiden Jokowi selama setahun pemerintahan ini.

Ibarat musik, kata dia, kerja kabinet saat ini sudah rock and roll.

“Kerjanya (kabinet) memang kalau lagu kerjanya kabinet sebelum ini pop. Ini (Kabinet kerja) sudah rock and roll,” ujar Basuki usai menghadiri acara Rembug Nasional setahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Dia menjelaskan, kerja “rock and roll” yang dimaksud yaitu keaktifnya seorang menteri untuk melakukan percepatan proyek pembangunan.

Bahkan, ucap dia, bila ada proyek yang terlambat, maka dirinya tak sungkan menelepon langsung satuan kerja proyek tersebut agar cepat diselesaikan.

“Sekat-sekat (birokrasi) itu sudah sangat tipis. Apapun saya lakukan jadi rock and roll,” kata Basuki.

Menurut dia, dalam satu tahun kerja ini, berbagai target kerja sudah tercapai. Sementera terkait penyelesaian fisik pembangunannya banyak yang akan selesai pada tahun 2015 ini sesuai rencana yang dicanangkan.

Output RKAKL (Rencana Kerja dan Anggaran KementerianNegara/Lembaga) sudah kita kerjakan misalnya pembangunan 13 waduk, jalan tol beberapa kilometer, jalan nasional, infrastruktur air minum, sanitasi, sesudah sesuai DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran),” ucap dia.