EQUITYWORLD FUTURES – 

Imlek yang merupakan hari besar warga Tionghoa, kini juga dirasakan di Indonesia. Untuk turut merayakannya, Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan wahana-wahana Airnya dengan atraksi-atraksi bertemakan ‘Red and Hope’. Binatang-binatang air di Ancol siap berduet dengan Barongsai.

Hal itu disampaikan Manager Marketing Departemen Tirta Ancol, Metty Yan Harahap, saat jumpa pers, Rabu (3/2/2016) di Atlantis Ancol, Jakarta.

“Kita telah menyiapkan berbagai atraksi menyambut Imlek di wahana-wahana air Ancol. Dengan tema ‘Red and Hope’, dipilih karena merah identik dengan perayaan tahun baru Imlek, dan warna tersebut melambangkan harapan, kegembiraan, dan rezeki, sesuai filosofi Tionghoa,” ujarnya.

Kehebohan atraksi tersebut tidak hanya berlangsung pada hari besar Imlek seperti tahun-tahun kemarin. Untuk lebih memeriahkan Imlek pada pengunjung, dan menghindari penumpukan pengunjung, atraksi tersebut diadakan sejak Sabtu (6/2/2016), hingga Minggu (8/2/2016).

“Belajar dari tahun-tahun kemarin, untuk merayakan Imlek tidak hanya di hari H-nya saja, karena akan terjadi penumpukan pengunjung baiasanya. Jadi sekarang kita hadirkan sebelum dan saat perayaan Imleknya,” ujar Metty.

Barongsai sebagai simbol hari besar warga Tionghoa, akan menunjukan kebolehannya berduet bersama binatang-binatang yang ada di wahana air Ancol. Apa saja dan di mana pertunjukannya? Berikut ini wahana-wahana beserta atraksi yang hanya ada saat menyambut Imlek:

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Atraksi barongsai meluncur di Dragon Slide, dalam rangka memeriahkan Imlek 2557.

1. Meluncur di Dragon Slide bersama barongsai

Tiga barongsai berwarna merah, kuning, dan hijau akan menunjukan kebolehannya berseluncur di wahana Dragon Slide, Atlantis. Dari atas ketinggian 14,8 meter dan panjang 140 meter, pengunjung akan merasakan pengalaman menegangkan sekaligus unik. Karena, nanti pengunjung bisa ikut berseluncur dan berenang bersama barongsai, di wahana terbaru Atlantis ini.

Di samping itu akan ada berbagai pertunjukan lainnya di sekitaran kolam, seperti wushu dan liong selama tiga hari tersebut hingga 8 Ferbuari 2016. Dengan tiket Rp 95.000 untuk Senin-Jumat, dan Rp 185.000 di akhir pekan anda dapat menikmati dua kali pertunjukan tersebut selama satu hari, yaitu pada pukul 12.30 dan 14.30.

Dengan adanya hiburan khusus Imlek ini, pengelola menargetkan 20.000 pengunjung yang akan meramaikan Atlantis hingga hari Imlek nanti.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Atraksi barongsai bersama lumba-lumba di Gelanggang Samudra Ancol.

2. Duet atraksi barongsai bersama empat lumba-lumba

Bertempat di Gelanggang Samudra, kini barongsai tidak sendirian untuk beratraksi. Ditemani empat ekor lumba-lumba bernama Specta, Kunto, Wangsit, dan Wongso akan menunjukan kebolehannya di depan pengunjung.

Dengan menaiki perahu naga atau perahu liong, barongsai akan berjalan-jalan sambil dilompati para lumba-luma. Selain itu, mereka akan banyak berinteraksi di pertunjukan lainnya.

Pertunjukan ini akan diadakan di Gelanggang Samudra tepatnya wahana pentas lumba-lumba. Dalam satu hari akan diadakan tiga kali pertunjukan, yaitu pada pukul 11.30, 14.15, dan 16.45 WIB. Untuk masuk ke wahana dan menyaksikannya anda perlu memberi tiket sebesar Rp 95.000 di hari Senin-Jumat, dan Rp 150.000 di akhir pekan.

“Ini merupakan atraksi tambahan di samping atraksi-atraksi lain yang biasa diperankan keempat lumba-lumba tersebut. Satu kali penampilan bisa 25 hingga 30 menit durasinya, ditambah dengan sepesial penampilan imlek ini,” ujar Ellen Gabby selaku General Manager Department Tirta Ancol, saat ditemui KompasTravel, Rabu (3/2/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Tarian bola naga, dari barongsai dan liong saat menggelar pertunjukan Imlek di Seaworld

3. Feeding show bersama barongsai

Bersama lebih banyak lagi biota-biota laut, barongsai ditemani liong akan melakukan atraksi bola naga. Di dalam akuarium besar milik Sea World, dua barongsai bersama satu liong memainkan bola naganya.

Tidak lupa agar biota-biota laut di dalamnya bisa ikut memeriahkan pertunjukan, mereka akan melakukan feeding show terlebih dahulu. Ialah pertunjukan memberi makan ikan-ikan di dalam akuarium tersebut. Ikan-ikan yang biasanya diberi makan para kurator atau tim pelestarian, kini akan diberi makan bersama barongsai.

Dengan sembilan orang penyelam ahli, barongsai dan liong akan melakukan satu kali pertunjukan saja dalam satu hari, yaitu pada pukul 13.30 hingga 14.00 WIB. Untuk tarif masuk wahananya ialah Rp 80.000 di hari Senin-Jumat, Rp 90.000 di akhir pekan, dan Rp 100.000 khusus di hari Imlek 8 Februari 2016.

4. Chinese Fantasy Parade, bersama puluhan penari

Puluhan penari akan pawai meramaikan Dunia Fantasi (Dufan), bersama para barongsai. Dimulai pada pukul 16.00 WIB, mereka akan berkeliling kawasan Dufan dan menyapa pengunjung dengan pertunjukannya. Atraksi spesial imlek tersebut bernama Chinese Fantasy Parade.

Pengunjung dapat membeli tiket masuk Dufan untuk menikmati pertunjukan tersebut, seharga Rp 195.000 di hari Senin-Jumat, Rp 275.000 di hari Sabtu dan Minggu.

5. Penampilan juara dunia barongsai dan pelepasan lampion

Juara dunia barongsai Kong Ha Hong akan memukau pengunjung pada puncak perayaan Imlek di pantai Ancol Lagoon. Dimulai pukul 16.00 hingga 21.00, mereka akan menunjukkan kebolehannya dengan banyak atraksi kelas dunia. Di antaranya ialah barongsai tonggak, barongsai lantai, dan liong.

Malam puncak pun dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan ditutup dengan seremonial penerbangan lampion terbang oleh para pengunjung.