EQUITYWORLD FUTURES – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, partainya akan memprioritaskan untuk mengusung kader sendiri dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2015.

“Kami siap untuk mempersiapkan kader-kader kami. Mengutamakan kader sendiri tanpa meninggalkan faktor kapasitas dan popularitasnya,” kata SBY di Jakarta, Kamis (16/4/2015) malam.

Presiden RI ke-6 itu menegaskan bahwa Partai Demokrat siap menjalani pilkada secara langsung oleh rakyat.

Meskipun Demokrat pernah menjadi “bulan-bulanan” karena seolah membiarkan pilkada dikembalikan ke DPRD. Namun, SBY mengatakan bahwa sesungguhnya dirinya tidak pernah memiliki ide atau rencana mengganti pilkada langsung oleh rakyat menjadi melalui DPRD.

“Sehingga, saya kala itu harus mengeluarkan Perppu, selamatlah kita. Kalau sekarang sudah disahkan (menjadi UU) dan kembali ke pilkada langsung, ya kami siap,” ucap SBY.

SBY meminta seluruh kader menjadikan Pemilu 2019 sebagai sasaran utama partai. Sedangkan Kongres III Partai Demokrat yang akan berlangsung Mei 2015 menurutnya merupakan langkah untuk menyongsong tujuan utama tersebut.

Oleh karena itu, SBY berpesan tidak perlu ada perang saudara dalam Kongres III Partai Demokrat. Baginya perbedaan dan perselisihan dalam partai politik wajar terjadi layaknya perselisihan dalam keluarga, namun seiring semakin dekatnya hubungan di antara kader Partai Demokrat, dia mengharapkan munculnya semangat dan kekuatan baru dalam partai.