Ingin tidur siang dengan lebih lelap dan merasa sangat segar saat bangun tidur? Coba minum kopi sebelum tidur siang. Ya, Anda tak salah baca, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa minum kopi sebelum tidur siang akan membuat kualitas tidur siang lebih baik dan Anda akan bangun dengan tubuh yang segar.

Orang yang minum kopi sebelum tidur siang akan memiliki fokus yang lebih tinggi saat terbangun dan tidak merasa grogi, dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi ketika akan tidur siang. Saat ini Anda mungkin bertanya-tanya, “Tapi bukankah kopi seringkali justru menyebabkan insomnia?”

Memang benar, kopi seringkali menyebabkan insomnia, namun berbeda dengan minum kopi sebelum tidur siang. Ketika bangun, tubuh kita akan memproduksi zat kimia yang bernama adenosine. Zat ini membuat orang merasa lelah dan ngantuk. Kafein harus bisa mengalahkan zat kimia tersebut agar bisa bekerja dengan efektif. Biasanya, kafein akan menjadi efektif dalam waktu 30 menit. Dengan melakukan tidur siang selama 20 menit, Anda akan mengurangi jumlah adenosine dalam sistem tubuh. Ini membuat efek kafein menjadi lebih efektif dan membuat Anda lebih segar saat bangun.

Sebelumnya telah diketahui bahwa kafein bisa mengurangi rasa lelah dan ngantuk setelah bangun tidur. Peneliti juga menemukan pada tahun 90-an bahwa minum kopi sebelum tidur siang membantu para pengemudi lebih fokus dan waspada saat menyetir, seperti dilansir oleh Care2 (06/09).

Namun, jika ingin semakin segar dengan minum kopi dan tidur siang, Anda tak bisa minum kopi dan tidur siang dengan sembarangan. Rahasianya adalah minum kopi dengan cepat, kemudian tidur hanya dalam hitungan menit. Jika tidur siang lebih dari 20 menit, kemungkinan Anda akan tertidur lelap dan justru sulit bangun karena kafein tak bisa membantu Anda.

Cara ini bisa diterapkan bagi Anda yang ingin melakukan tidur siang sejenak saat beristirahat dari kerja untuk kemudian bangun dan kembali bekerja dengan semangat. Selamat mencoba!