EQUITYWORLD FUTURES – Selain rasanya yang lezat, cokelat memang banyak digemari karena kandungan di dalamnya dapat memperbaiki mood. Khasiat terbaru dari cokelat bahkan menyebutkan bisa membantu meningkatkan memori di otak.

Peningkatan kemampuan memori tersebut terjadi karena lancarnya sirkulasi darah ke bagian otak yang bertugas dalam daya ingat. Penelitian juga menemukan bahwa kandungan dalam cokelat bisa membalikkan penurunan memori karena penuaan.

Adalah antioksidan dalam cokelat yang disebut dengan flavanol yang menjadi kunci dalam manfaat tersebut.

Peneliti menguji apakah flavanol coklat akan meningkatkan fungsi otak dan kinerja kognitif pada 37 orang berusia 50-69 tahun yang menjadi responden. Mereka diberi kakao dosis tinggi maupun rendah selama tiga bulan.

Hasilnya, ditemukan peningkatan fungsi memori pada responden yang mendapatkan kakao dosis tinggi.

“Penelitian kecil ini menunjukkan antioksidan yang ditemukan dalam cokelat dapat meningkatkan kinerja kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke daerah tertentu dari otak yang terkena pengaruh penuaan,” kata Dr.Clare walton, peneliti dari Alzheimer’s Society.

Meski begitu, memang belum terbukti jika flavanol dalam cokelat ini juga akan menurunkan risiko demensia atau kepikunan.