PT. EQUITYWORLD FUTURES Minyak ditutup pada level tertinggi dalam lima minggu setelah Badan Energi Internasional dan OPEC memperbaiki prospek permintaan mereka. Minyak berjangka naik 2,2 persen di New York. IEA melihat permintaan minyak global meningkat tahun ini paling banyak sejak 2015, sementara OPEC mendorong proyeksi konsumsi di Eropa dan China. Plus, kartel dan sekutu-sekutunya dikatakan mempertimbangkan perpanjangan kesepakatan pemotongan produksi mereka. Di AS, kilang minyak ditetapkan untuk memproses lebih banyak minyak mentah saat mereka kembali online setelah Badai Harvey menyebabkan persediaan bensin turun tajam menuju rekor dalam pekan lalu.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober naik $1,07 untuk menetap di $49,30 per barel di New York Mercantile Exchange. Equityworld Futures Total volume yang diperdagangkan sekitar 15 persen di atas rata-rata 100 hari.

Minyak Brent untuk pengiriman November meningkat 89 sen untuk mengakhiri sesi di $55,16 di bursa ICE Futures Europe yang berbasis di London, level tertinggi sejak April. Minyak mentah acuan global sampai bulan November diperdagangkan lebih besar $5,41 dari WTI.

Kira-kira tiga perempat kenaikan bulanan di pada indeks utama berasal dari barang-barang, yang sebagian besar disebabkan oleh kenaikan bensin sebesar 9,5 persen, seiring dengan kenaikan biaya bahan bakar jet terbesar sejak 2009. Sejak tanggal penetapan harga PPI adalah pada 15 Agustus, data seharusnya tidak menangkap dampak dari Badai Harvey, kata Scott Sager, seorang ekonom Biro Statistik Tenaga Kerja.

PPI tidak termasuk layanan makanan, energi, dan perdagangan, penilaian yang disukai beberapa ekonom karena mengeluarkan komponen yang tidak stabil, naik 1,9 persen dari Agustus 2016, sama seperti bulan sebelumnya. Itu mengindikasikan inflasi yang lebih besar butuh waktu untuk meningkat.

Tekanan harga di jalur produksi masih relatif ada, membantu menjaga indeks harga konsumen Federal Reserve di bawah sasarannya dan satu alasan mengapa pembuat kebijakan berencana untuk menaikkan biaya pinjaman secara bertahap. Bankir pusat akan memperbarui perkiraan suku bunga mereka minggu depan, menunjukkan apakah kemungkinan kenaikan Desember mengalami penurunan

Gubernur Mark Carney mengatakan bahwa “unsur ketidakpastian Brexit” mencegah perusahaan-perusahaan dari pemberian kenaikan upah yang lebih besar. Penjelasan lain termasuk produktivitas yang buruk dan perusahaan menekan upah untuk mengimbangi kenaikan biaya impor.

Pemerasan tersebut telah mengurangi standar kehidupan, terutama bagi pekerja sektor publik, yang telah mengalami kenaikan 1 persen pada kenaikan gaji sebagai bagian dari penghematan ketat sejak 2010.

Perdana Menteri Theresa May mengatakan pekan ini bahwa pemerintah akan melonggarkan kebijakan untuk petugas polisi dan petugas penjara namun Konggres Kongres Konggres Konggres Konggres Frances O’Grady menanggapi dengan menuntut “kenaikan gaji di seluruh dewan” untuk 5 juta pekerja sektor publik di Inggris.Arab Saudi- Anggota OPEC yang paling berpengaruh – telah memperdebatkan apakah akan memperpanjang kesepakatan produksi kartel setelah berakhir pada Maret 2018 nanti.

(frk)