Setelah ada putusan Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menarik pengamanan dan pengawalan calon presiden dan wakil presiden terpilih dari Kepolisian RI. Untuk selanjutnya, pengamanan dan pengawalan capres dan cawapres 2014 terpilih akan dilakukan oleh TNI yaitu pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

“Pada kesempatan hari ini, KPU mencabut kewenangan tugas kepolisian yang melakukan pengamanan dan pengawalan dan sekaligus kami ucapkan penghargaan. Kami menyerahkan sepenuhnya pengawalan dan pengamanan kepada TNI secara operasional dilakukan oleh Paspampres,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam sambutannya di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (22/8).

Dalam acara serah terima dan pengambilalihan pengamanan dan pengawalan capres-cawapres terpilih ini dihadiri perwakilan dari Mendagri, Menkopolhukam, Kepolisian RI, TNI, Bawaslu, Paspampres dan lainnya. Menurut Husni, serah terima pengamanan dan pengawalan capres cawapres terpilih ini dari kepolisian ke TNI merupakan tindak lanjut pascapembacaan putusan MK.

Seperti diketahui bersama, berdasarkan keputusan KPU tentang penetapan pasangan peserta pemilu capres dan cawapres, masing-masing pasangan capres dan cawapres memperoleh pengamanan dan pengawalan dari kepolisian. Sehingga pasangan calon dapat melaksanakan kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi suara dan penetapan capres cawapres terpilih oleh KPU.

“KPU telah menetapkan pasangan capres dan cawapres terpilih. Kendati diajukan keberatan ke MK, sejak diputuskan sengketa oleh MK yang bersifat final dan mengikat. Berkenaan dengan pengawalan dan pengamanan yang dilakukan kepolisian sampai beralih pula,” kata Husni.

“Secara resmi diserahkan ke KPU, maka telah ditetapkannya pasangan capres dan cawapres terpilih, saudara Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagaimana dimaksud dan telah dikuatkan pula oleh ketetapan MK, berakhir pula tugas kepolisian dalam melaksanakan pengawalan dan pengamanan tersebut,” tambahnya.

Selanjutnya, kata Husni, sejak berakhirnya tugas kepolisian dan jajarannya, maka pengamanan dan pengawalan calon presiden dan wakil presiden terpilih dilaksanakan Paspampres sesuai prosedur.

“Pada kesempatan hari ini, KPU mencabut kewenangan tugas kepolisian yang melakukan pengamanan dan pengawalan dan sekaligus kami ucapkan penghargaan. Kami menyerahkan sepenuhnya, pengawalan dan pengamanan kepada TNI secara operasional dilakukan oleh Paspampres,” .